Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Senin, 23 Maret 2020 - 15:18 WIB

Antisipasi Corona, TNI dan Polri bersama Unsur Pemerintah Kecamatan di Berbak Semprot Perkantoran dengan Desinfektan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjab Timur, Jambi, Komandan Koramil Nipah Panjang Kodim 0419/Tanjab diwakili Babinsa Kelurahan Simpang dan anggota Polri serta unsur Kecamatan, dan didukung oleh Puskesmas Berbak dan Anggota Daops TNBS melakukan kegiatan bersih-bersih disertai penyemprotan desinfektan di sejumlah fasilitas perkantoran, Senin (23/3/2020).

“Kegiatan kerja bakti bersama ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Virus Covid 19 atau Corona yang telah mewabah di Indonesia,” ungkap Danramil Kapten Inf Adil Tarigan saat dihubungi di Makoramil.

Selain membersihkan lingkungan perkantoran, para anggota TNI Polri di wilayah Kecamatan Berbak yang hadir juga menyempatkan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan terjangkitnya penyakit di lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA  Ikut Serta dalam Penandatanganan Fakta Integritas Pabungdim 0419/Tanjab Bersikap Netral dalam Pilkada Serentak Ta. 2020

“Kita berikan penyuluhan agar para warga menjaga kebersihan baik lingkungan maupun tempat tinggal agar terhindar dari penyakit,” kata Tarigan. .

Menurut Tarigan, persoalan kebersihan harus diperhatikan secara serius, jika kesehatan lingkungan kerja terjaga dengan baik, akan berdampak positif bagi kita sendiri ataupun masyarakat yang datang.

“Kegiatan kali ini menjadi langkah awal, berikutnya dimungkinkan di fasilitas umum dan pusat kegiatan masyarakat lainnya. Karena apa bila lingkungan sehat, otomatis seluruh warga akan semakin nyaman,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil juga mengimbau masyarakat utamanya tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Untuk mencegah serta mengantisipasi penyebaran virus Corona, diperlukan kesadaran masyarakat untuk aktif menerapkan PHBS dan CTPS. Hal ini dapat dimulai dari rumah tangga dan keluarga.

BACA JUGA  Babinsa Kunjungi Kantor Desa Harapan Makmur.

“Hal lainnya yang tak kalah penting adalah mengurangi bepergian ke tempat yang ramai atau terdapat kerumunan massa. Mari kita bersama waspada, dengan menerapkan bersama upaya cegah dini dan antisipasi, sehingga penyebaranya dapat diantisipasi,” paparnya.

Mantan Pasiter Kodim ini juga mengimbau, supaya masyarakat yang merasa sakit segera berobat ke rumah sakit. Menurutnya, kesadaran diri itu penting guna mencegah penyebaran virus.

“Di setiap daerah, rumah sakit sudah menyiapkan ruang isolasi. Saya harap juga masyarakat memang kalau ada keraguan silakan periksa tapi enggak perlu panik. Tapi kalau gejalanya mirip, segera aja ke RS rujukan pemerintah, semua pasti siap tampung, ini yang kita harapkan,” paparnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Gemuruh Turun Ke Sawah Bersama Petani.

Berita Koramil

Babinsa Serka Ari Purwanto Hadiri Pembukaan MTQ Desa Persiapan Rimbo Asri.

Berita Koramil

Babinsa Serda Gopal Dampingi Petani Menjemur Padi Hasil Panen.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Hadiri Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dari Anggota DPD RI/MPR RI Provinsi Jambi.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Terus Ajak Petani Tanam Padi Setelah Masa Panen.

Berita Koramil

Serka Maulana Ali Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Hadiri Pemilihan Ketua BPD Sungai Raya.

Berita Koramil

Babinsa Membantu Membersihkan Atau Mencabuti Gulma Rumput Bersama Petani di Sawah.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Monitoring Pertumbuhan Bibit Padi.