Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Senin, 21 Desember 2020 - 13:59 WIB

Antisipasi Hama, Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu bersama petani lakukan penyemprotan padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com -Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Suparjo Rustam yang  terjun Iangsung ke sawah menyemprot hama padi milik anggota Kelompok Tani Beringin Rindang di Kelurahan Dusun Kebun Kecamatan Batang Asam Kab. Tanjung Jabung Barat  dengan tujuan agar tanaman padi dapat tumbuh dengan subur serta pada saat panen dapat meningkatkan hasil pertaniannya.

Dalam kegiatan tersebut Serda Suparjo Rustam mengungkapkan, membantu petani menanggulangi ancaman hama ulat dan wereng coklat. Disamping itu para petani dianjurkan untuk melaksanakan pengeringan sawah pada waktunya, sehingga semua sebagai predator juga akan membantu para petani memangsa telor keong mas, wereng coklat, ulat penggerek batang (walang sangit) dan memangsa hama Iain. Ungkapnya, Senin (21/12/2020).

Menurut Babinsa, bahwa “penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi,” jelas Babinsa.

BACA JUGA  Babinsa Serma Juhendri Lakukan Pengecekan Padi Yang Telah Mendekati Masa Panen.

Selain itu, Babinsa bersama kelompok tani juga lakukan sosialisasi untuk mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama ulat pengulung daun maupun hama tanaman yang lainnya seperti tikus dan wereng sebagai antisipasi pengendalian hama menyerang tanaman padi. Dengan hal tersebut Babinsa juga menghimbau kepada para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut.

Babinsa juga selalu mengingatkan Kepada Para Petani selalu mengecek perkembangan padi yg berumur 1 bulan dan selalu di pantau dan dilihat perkembanganya kalau ada tanda tanda perkembangan tidak baik agar segera diadakan penyemprotan.

BACA JUGA  Babinsa Pelda Eko P. Yusuf : Kita Harus Menjaga Persatuan dan Kesatauan Bangsa.

Ketua Kelompok Beringin Rindang Bapak M. Syukur mengatakan, bahwa mereka selalu berkoordinasi dengan Babinsa dan PPL apa bila ada tanaman padi yang kurang baik pertumbuhanya, sehinga petunjuk dari Babinsa dan PPL untuk dilakukan Penyemprotan Atau pemupukan, agar perkembangan padi menjadi lebih baik dan diharapkan hasil yang di capai sesuai dengan harapan dan bisa mendukung ketahanan pangan, ujarnya.

Dan saya ucapkan terimakasih Kepada Babinsa yang selalu Aktif dan langsung turun ke Sawah membantu dan memberi semangat Kepada para petani yang berada di Desa Bukit Berantai sehingga para petani tambah semangat dan termotifasi untuk meningkatkan hasil pertanian yang maksimal terutama Padi, ucapnya. (pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Terus Bantu Petani Dalam Memanen Padi.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Pantau & PAM Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pileg & Pilpres 2019 di Tingkat Kecamatan.

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Hadiri Pelepasan Pawai Takbiran Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Berita Koramil

Danramil 04/Nipah Panjang Hadiri Peresmian Jembatan Desa Air Hitam Laut.

Berita Koramil

Kunjungi Rumah Warga di Permukiman Rawan Terjadinya Karhutla Koptu Timur Yono Beri Himbauan

BERITA

Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Menghadiri Musrenbang desa dan RKP tahun 2021.

Berita Koramil

Babinsa Ramil Tungkal Ilir Pererat Hubungan Silaturahmi Dengan Warga Binaan.

BERITA

Asa Dandim Tanjab Bersama Pemda Tanjab Timur dalam Pencegahan Terjadinya Karhutla