Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Selasa, 31 Juli 2018 - 14:11 WIB

Babinsa Muara Danau Bantu Petani Bajak Sawah Dengan Traktor.

Please enter banners and links.

KODIM TANJAB, KUALA TUNGKAL –  Membajak sawah adalah suatu kegiatan yang dilakukan petani untuk menggemburkan lahan pertanian sebelum masa tanam, seperti yang telah dilakukan Serda Hendra Fitriadi seorang anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tingkal Ulu Kodim 0419/Tanjab yang dengan cekatannya turun kesawah guna membantu petani membajak sawah bersama anggota Gapoktan Karya Maju bertempat di Desa Muara Danau Kecamatan Renah Mendaluh Kabupaten Tanjab Barat, menggunakan traktor dengan luas lahan kurang lebih 1 hektare, Selasa (31/07/18)

Guna mendukung program ketahanan pangan nasional pada percepatan masa tanam ke dua pada tahun 2018 dan LTT (luas tambah tanam), selain mendampingi Gapoktan para Babinsa harus turun langsung membantu petani mulai dari pembajakan atau penyiapan lahan yang akan ditanami, pembibitan sampai dengan nanti saat panen,”kata Serda Hendra”.

BACA JUGA  Babinsa Koramil Nipah Panjang Cek Kondisi Alsintan.

Menurutnya, kegiatan itu dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk mempercepat masa tanam. Hal itu, dilakukan karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukkan menjemur padi atau gabah hasil panen.

Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan agar lahan tidak terbiarkan terbengkalai begitu saja, sehingga tidak ada lahan yang nganggur,”imbuhnya.

BACA JUGA  Babinsa Rantau Indah Bantu Petani Jemur Padi.

Bila percepatan penanaman padi terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen petani tahun  akan ini akan meningkat,kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Babinsa selain mendampingi para petani supaya kehidupannya lebih sejahtera juga bertujuan  untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah sehingga tercapai program dari pemerintah untuk swasembada pangan secara nasional,” katanya”.

Terimakasih pada bapak TNI yang sudah ikut serta membajak sawah kami, sehingga kelompok tani kami semakin bersemangat untuk percepatan masa tanam, semoga hasil panen kami nanti akan semakin melimpah,”ungkap ketua Gapoktan Samsuan”. (PEN-0419)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Serda Mujais Alfarius Sangat Antusias Membantu Panen Cabe Bersama Pemilik Kebun.

Berita Koramil

Babinsa 02/Tungkal Ulu Bersama Petani Pantau Pertumbuhan Padi.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Jalin Komunikasi Sosial Bersama Warga Binaan.

Berita Koramil

Pelda Eko P. Yusuf Sebagai Babinsa Hadiri Acara Sertijab Kepala Desa Sungai Landak.

Berita Koramil

Dampingi Petani Semprot Tanaman Padi, Babinsa Bersemangat.

Berita Koramil

Babinsa Dampingi Petani Cek Padi Yang Mulai Menguning.

Berita Koramil

Babinsa Serda Aminullah Bantu Petani Mengantisipasi Gangguan Hama Tanaman Jagung.

Berita Koramil

Babinsa Serda Sugianto Hadiri Acara Penutupan MTQ Ke-VI Tingkat Kelurahan Rantau Badak.