Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Kamis, 6 September 2018 - 10:36 WIB

Babinsa Parit Culum Bantu Petani Panen Padi dengan Alat Modern.

KODIM TANJAB, KUALA TUNGKAL – Babinsa Koramil 01/Muara Sabak jajaran Kodim 0419/Tanjab melaksanakan pendampingan panen padi di lokasi Poktan Mekar Sari dengan luas lahan 1 hektar.

Kegiatan ini merupakan bentuk pendampingan swa sembada pangan, khususnya bidang pertanian, yang merupakan salah satu langkah menyukseskan program pemerintah swasembada pangan di Kabupaten Tanjab Timur, khususnya di wilayah Kelurahan Parit Culum II.

Danramil 01/MS Kapten Inf Sartono mengatakan, pada panen padi di areal pertanian milik Poktan Mekar Sari ini, kita gunakan mesin modern berupa alat pemanen padi Kombine (wheat harvest) yang dioperasikan langsung oleh Babinsanya.

BACA JUGA  Babinsa Muara Sabak Ikuti Sosialisasi Stunting Dengan Lintas Sektoral Tingkat Kecamatan Tahun 2019.

“Kalau semua poktan pada saat panen menggunakan mesin seperti ini, bisa lebih efisien. Dari satu hektar lahan tanaman padi saja, hanya membutuhkan,” ujarnya.

“Selain membantu tanam dan panen padi, kami juga melakukan penyuluhan pertanian bersama-sama dengan PPL dan Mantri pertanianan kepada para kelompok tani (Poktan) di desa yang menjadi binaan para Babinsa,” tambahnya.

Sementara, Ketua Poktan Mekar Sari Pak Alfatoni, mengaku senang dengan adanya pendampingan dari Babinsa yang terjun langsung membantu para petani dan memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

BACA JUGA  Wakili Danramil, Babinsa Pelda Sana Chandra Ikuti Kegiatan Gotong Royong Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019.

“Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa mulai dari awal tanam sampai panen, hasil panen tahun kali ini cukup bagus, sehingga pendapatan para petani dapat meningkat,” terangnya.

Ketua Poktan berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut serta mensukseskan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan. (PEN-0419)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Peltu M.Yusuf Eko.S Sebagai Babinsa 01/MS Hadiri Sertijab Kades Rantau Karya.

Berita Koramil

Babinsa 04/Nipah Panjang Membantu Petani Dalam Membajak Lahan Sawah.

Berita Koramil

Babinsa Tungkal Ulu Hadiri Kegiatan Sunatan Masal Dan Donor Darah.

Berita Koramil

Babinsa Sungai Tawar Ramil 01/Muara Sabak Ajak Warga Binaan Lakukan Pengecoran Masjid Haqqul Yakin.

Berita Koramil

Babinsa Serda Kusmanto Membantu Petani Melaksanakan Penanaman Padi.

Berita Koramil

Babinsa Jalin Kedekatan Bersama Komponen Masyarakat.

Berita Koramil

Babinsa Serda Ambri Lakukan Pengecekan Alsintan Yang Digunakan Poktan Harapan Maju.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 419-02/TU Terjun Langsung Menanam Padi