Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Kamis, 10 Oktober 2019 - 15:30 WIB

Babinsa Simpang Jelita Ajak Warga Patroli Pemantauan Karhutla di Wilayah Binaan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Sertu Kushendra melaksanakan kegiatan patroli pemantauan Karhutla dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi kepada warga masyarakat pemilik lahan guna mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Desa Simpang Jelita, Kec. Nipah Panjang, Kab. Tanjab Timur, Kamis (10/10/19).

Dalam sosialisasinya, Sertu Kushendra menghimbau kepada warga masyarakat pemilik lahan agar tidak membakar lahan ataupun membuang puntung rokok secara sembarangan karena dapat berakibat kebakaran lahan.

BACA JUGA  Setiap Bulan Babinsa 04/Nipah Panjang Serda Ambri Lakukan Pengecekan Alsintan Yang Digunakan Poktan.

Dijelaskan oleh Sertu Kushendra bahwa pembakaran hutan dan lahan sangat bertentangan dan dilarang dalam Undang-Undang No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dimana pada pasal 69 ayat 1 menyatakan bahwa “Setiap orang dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.”

“Pembakaran hutan dan lahan juga dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan hidup dan kerusakan lingkungan hidup sehingga dapat dikenakan sanksi hukuman,” kata Sertu Kushendra.

BACA JUGA  Memupuk Rasa Nasionalisme Kepada Generasi Muda dengan Turut Serta dalam Memperingati Detik-detik Hut Kemerdekan RI ke-75 di Kawasan Pinggiran Sungai Betara

Danramil 04/Nipah Panjang Kapten Inf Adil Tarigan menjelaskan, Babinsa melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla ditingkat desa kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat lebih memahami akibat dan dampak negatif dari Karhutla.

“Kegiatan ini terus dilakukan oleh Babinsa jajaran Koramil 04/Nipah Panjang melalui kegiatan Komsos dan anjangsana kepada masyarakat sebagai antisipasi terjadinya Karhutla dimusim kemarau tahun ini,” ujar Danramil. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Sebagai Aparat Teritorial Melaksanakan Komunikasi Sosial Bersama Masyarakat.

Berita Koramil

Babinsa Tungkal Ilir Pantau Keberangkatan Penumpang Kapal KMP Sembilang di Pelabuhan RORO Kuala Tungkal.

Berita Koramil

Danramil 01/Muara Sabak Hadiri Pelantikan Kades Terpilih.

Berita Koramil

Babinsa Kopda Miskal : Komsos Merupakan Momentum Untuk Mempererat Jalinan Silaturahmi.

Berita Koramil

Selaku Babinsa Sertu M. Zaid Turun Ke Sawah Cek Pertumbuhan Padi.

Berita Koramil

Ditengah Terik Matahari, Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Dampingi Petani Ke Lahan Sawah.

Berita Koramil

Babinsa Serda Muliadi Cek Pertumbuhan Tanaman Padi.

Berita Koramil

Tabligh Akbar Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H dan HUT Desa Badang Sepakat Dihadiri Babinsa.