Home / BERITA / Kegiatan Dandim

Kamis, 18 Juni 2020 - 14:05 WIB

Dandim 0419/Tanjab bersama Kapolres Tanjab Timur Memimpin Apel Gabungan preventif Patroli Karibung (Kanal, Parit dan Embung)

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Pada pukul 07.50 wib Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.p turut memimpin pelaksanaan kegiatan Apel Gabungan preventif Patroli Karibung (Kanal, Parit dan Embung) dalam rangka pencegahan dan kebakaran hutan dan lahan bertempat di Lapangan Mapolres Tanjab Timur Kel. Rano, Kec.Muara Sabak Barat, Kab.Tanjab Timur. Kamis (18/06/2020)

Kegiatan Apel Gabungan preventif Patroli Karibung ( Kanal, Parit dan Embung) merupakan suatu tindakan dalam menghadapai Kebakaran hutan dan lahan yang mana akibat dari Karhutla tersebut akan menggangu kehidupan manusia dan lingkungan itu sendiri yang berdampak pada terganggunya keamanan   perekonomian, sosial dan kesehatan masyarakat.

Adapun petugas Apel Gabungan preventif Patroli Karibung ( Kanal, Parit dan Embung) Pimpinan Apel : Kapolres Tanjab Timur AKBP Deden Nurhidayatullah, SH. SIK di dampingi oleh Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf. Erwan Susanto S.I.P, Komandan Apel : Kasi Propam Polres Tanjab Timur IPDA  P. Sitepu, Perwira Apel : Kabag Ops Polres Tanjab Timur Kompol Alhajat S.I.K, dan Perwakilan Pemasangan rompi Patroli Karibung : Personil Kodim 0419/Tanjab, Personil Polres Tanjab Timur, personil Manggala Agni Kab Tanjab Timur dan Personil BPBD Kab. Tanjab Timur.

Susunan pasukan Apel : 1 Sst Kodim 0419/Tanjab, 3 Sst Polres Tanjab Timur, 1 Sst Pol PP Kab. Tanjab Timur, 1 Sst BPBD Kab. Tanjab Timur, 1 Sst Damkar Kab. Tanjab Timur, dan 1 Sst Manggala Agni Kab. Tanjab Timur

Terdapat amanat yang disampaikan oleh pimpinan Apel Gabungan preventif Patroli Karibung ( Kanal, Parit dan Embung) yaitu Amanat dari Kapolres Tanjab Timur menyampaikan dalam pelaksanaan patroli Karibung ini ada 3 aspek penanganan diantaranya Petugas yang melakukan tugas dalam pelaksanaa patroli, Peralatan dalam pelaksanaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (mesin, selang, baik peralatan individual maupun peralatan dan perlengkapan lainya), dan Ketersediaan air yang berada di kanal kanal maupun persediaan Embung yang mana untuk memastikan ada apa tidaknya yang di dekat titik api atau hotspot.

BACA JUGA  Peduli Warga Lansia, Dandim Tanjab bersama Kapolres Berikan Bantuan Sosial.

Lanjut, Mengingatkan kembali atau pengalaman pengalaman  yang sudah berjalan dalam pelaksanan penanganan serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan untuk mempelajari di mana titik yang sangat rawan sehingga kita dapat berbenah diri dari kekurangan yang sudah terjadi. Kami berharap tugas yang kita emban bersama sama ini mari kita solid serta dapat bersama sama dalam menyelesaikan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kab Tanjab Timur ini.

Dan amanat dari Dandim 0419/Tanjab, menyampaikan dalam kesempatan pagi hari ini terkait dengan kesiapan dalam menghadapi penanggulanan bencana kebakaran hutan dan lahan saya sangat berapresisiasi dengan kegiatan patroli ini sehingga kita semua harus siap dalam menghadapi musim kemarau yang akan datang nantinya di wilayah kita. Dalam prediksi dari BMKG di mana untuk saat ini curah hujan masih cukup tinggi namun ini semua jangan terlena sehingga dengan langkah ini sangat tepat dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan. Di mana sejarah di kab Tanjab Timur yang merupakan kebarakan hutan yang cukup luas dan terkait ketersedian embung baik yang alami maupun buatan agar dapat  menyiapkan di mana titik api atau hotspot yang sering terjadi kebakaran. dan Kami berharap dalam kegiaran ini di harapkan semua unsur mari bersama sama bekerjasama untuk menyakinkan titik titik mana yang rawan sehingga dengan menyamakan persepsi untuk sama sama mengajak semua elemen agar dapat  berupaya untuk mewujudkan kab Tanjab Timur bebas dari kebakaran hutan dan lahan serta Kab.Tanjab Timut bebas dari asap.

BACA JUGA  Akibat Dampak Pandemi Covid-19 PT. WKS Memberikan 6 Paket Bantuan Sembako yang dihadiri Serka Redho Harnas

Dalam melakukan langkah-langkah pencegahan itu perlu mempersiapkan segala kekuatan baik personil, peralatan dan perlengkapan dan komponen masyarakat sehingga dapat bersinergi dalam upaya pencegahan dan penindakan Karhutla di wilayah Kab.Tanjab Timur

Apel gabungan preventif Patroli Karibung dihadiri oleh Pabung Kodim 0419/Tanjab Mayor Inf. Marlianus Pasae, Wakapolres Tanjab Timur Kompol  Ridwan J. M Hutagaol, SH. SIK, Kabag Sunda Polres Tanjab Timur Kompol Harmain, Kasat  Lantas Polres Tanjab Timur AKP Teismirizal, Kasat Reskrim Polres Tanjab Timur AKP Silaen S.I.K, Kasat Intelkam Polres Tanjab Timur Iptu Sukman, Kasat Resnarkoba Polres Tanjab Timur Iptu Ojak Sitanggang, Perwira Polres Tanjab Timur, dan Para Kapolsek Polres Tanjab Timur. (pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Korem 042 Gapu Lakukan Siaga Pengamanan Selama Cuti Lebaran.

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Bersama Polres Amankan Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 / Tahun 2019.

BERITA

Jajaran Anggota Kodim 0419/Tanjab Melakukan Pendampingan Pendistribusian Logistik Pemilu 2019.

BERITA

Kuatkan hanpangan, Babinsa bantu petani menanam padi

BERITA

Danramil 419-02/Tungkal Ulu Memimpin Langsung dalam Mensukseskan Program Pemerintah dibidang Ketahanan Pangan

Berita Koramil

Kasdim 0419/Tanjab Beri Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan.

BERITA

Kasdim 0419/Tanjab Turut Pimpin Apel Gabungan Yustisi Kab. Tanjab Barat.

BERITA

Bupati Tanjung Jabung Barat Buka Latihan Penyegaran Pimpinan Menwa Sultan Thaha Jambi.