Home / BERITA / Kegiatan Dandim / KEGIATAN KODIM 0419

Minggu, 14 Juni 2020 - 12:58 WIB

Dandim 0419/Tanjab, Tanamkan Nilai Pancasila Sejak Dini Pada Anak-anak Desa Labuhan Pering.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Pancasila yang menjadi Dasar Negara Republik Indonesia tentu harus tertanam betul dalam hati setiap warga negara. Nilai – nilai luhur Pancasila menjadi pondasi dalam diri setiap anak agar kelak ketika anak itu dewasa, mereka memiliki Karakter Kebangsaan. Pemahaman nilai – nilai yang ada dalam Pancasila tidak berarti mulai bisa dipelajari di bangku Sekolah Dasar saja.

Demikian dikatakan Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P usai memberikan motivasi dan pembelajaran tentang Wawasan Kebangsaan kepada anak-anak Masyarakat Desa Labuhan Pring Kec. Sadu Kab. Tanjab Timur dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Membacakan Pancasila di sela-sela Peninjauan Sasaran TMMD Ke-108 TA. 2020 Kodim 0419/Tanjab, Minggu (14/6/2020).

Penanaman nilai luhur Pancasila sesungguhnya dapat kita lakukan sejak anak berusia dini. Usia dini menjadi waktu yang tepat untuk mulai menanamkan nilai-nilai Pancasila. Menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini akan lebih tertanam dalam hati dan benak anak dengan baik. Anak – anak usia dini yang masih berada dalam usia emas akan sangat mudah menangkap dan mempraktikan suatu hal. Oleh karena itu wajib bagi setiap orang tua mengenal nilai Pancasila dalam keseharian anak.

BACA JUGA  5 Tips for Balancing A Career and Caregiving

Menanamkan dan membuat anak usia dini paham akan nilai – nilai luhur Pancasila memang bukan hal yang mudah. Anak usia dini tentu belum bisa memahami apa itu Pancasila jika kita hanya menjelaskan secara teori. Akan tetapi, mereka bisa mulai mengenal Pancasila melalui aktivitas sehari – hari.

BACA JUGA  Pastikan Kesiapan Pilkada, Danrem 042/Gapu bersama Pjs. Gubernur Jambi Cek Logistik di Gudang KPU Kabupaten Tanjab Barat.

Dalam menjalani aktivitas sehari – hari seorang anak pasti tidak pernah luput dari jangkauan orang tua. Baik kedua orangtuanya sendiri maupun orang tua lain di lingkungan sekitar anak. Dalam menjalani aktivitas sehari – hari ini lah yang menjadi saat tepat dalam menyisipkan nilai – nilai luhur Pancasila, ujar Letkol Inf Erwan.

Pada kesempatan tersebut, Dandim Tanjab juga memberikan sosialisasi kepada anak – anak yang berminat menjadi prajurit TNI. Pihaknya siap memberikan pendampingan pelatihan fisik maupun akademik di Koramil setempat dan di Kodim bagi generasi muda Tanjab Timur.

“Kami berharap anak – anak Desa Labuhan Pering meneladani kehidupan TNI. Dimana nantinya selama 1 bulan mereka (TNI) akan bersama-sama warga di Desa tersebut,” katanya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa bantu petani jemur gabah tanaman padi

BERITA

Cuaca Panas, Babinsa ajak warga binaan patroli karhutla.

BERITA

Tingkatkan kualitas hanpangan, Babinsa dan petani pantau perkembangan pertumbuhan tanaman padi

BERITA

Anggota Koramil 01/ Muara Sabak Dampingi Panwascam tertibkan APK.

BERITA

Berbagi Kebahagiaan Bersama Warga Desa Silawan, Satgas Yonif R 142/KJ Resmikan Bedah Rumah Tidak Layak Huni.

BERITA

Danrem 042/Gapu : Kunci Kesuksesan Menjaga Stabilitas Keamanan Untuk Menjaga NKRI Tetap Utuh.

BERITA

Antisipasi Karhutla, Danramil Tungkal Ulu Cek Alat Pemadam Kebakaran di Distrik IV PT. WKS.

BERITA

Belum Ditemukan Yang Terkena Penyakit Virus Corona/COVID-19 di Kab. Tanjab Timur.