Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Rabu, 18 November 2020 - 22:00 WIB

Danramil Nipah Panjang hadiri Pencanangan Desa Sadar Hukum.

Danramil 04/Nipah Panjang, Kodim 0419/Tanjab, Kapten Inf Adil Tarigan menghadiri kegiatan program jaga desa di Gedung sarana olah raga Desa Rantau Jaya, Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjab Timur, Rabu (18/11/2020).

Acara tersebut diawali dengan penandatanganan MoU antara Kacabjari Tanjung Jabung Timur di Nipah Panjang dengan Camat, dilanjutkan Pencanangan Desa Sadar Hukum dan Ikrar.

Menurut Bupati Tanjab Timur yang diwakili Asisten 1, Drs Sucipto, Program Jaga Desa merupakan program yang dilaksanakan untuk pengelolaan penyaluran dan pemanfaatan dana desa. Melalui program ini, diharapkan anggaran dana desa yang setiap tahunnya meningkat dapat dikelola secara baik dan optimal serta terhindar dari penyalahgunaan serta penyimpangan.

“Program ini bertujuan mencegah konflik sosial di tengah masyarakat yang heterogen, juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan positif sebagai upaya membangun Tanjab Timur yang semakin maju, bermarwah, dan bermartabat,” ujar Asisten 1.

BACA JUGA  Sinergitas TNI-Polri, Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Rutin Melaksanakan Pengamanan di Pos Pelayanan Covid-19

Selanjutnya, ia menjelaskan, Program “Jaga Desa” sangat penting untuk membantu Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur beserta Desanya dalam upaya mewujudkan pengelolaan dana desa yang efisien, efektif, dan akuntabel melalui kerjasama yang sinergis terkait penggunaan dana desa.

“Dengan adanya kerjasama ini akan dilakukan pengawasan kepada proses pembangunan strategis, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan. sehingga, pengelolaan dana desa semakin efektif dan maksimal serta terhindar dari masalah hukum,” pungkasnya

Sucipto berharap, dalam upaya penyaluran dan pengelolaan dana desa, Pemerintah Desa dapat mematuhi seluruh peraturan tentang pengelolaan keuangan desa.

“Kita tentunya tidak menginginkan ada aparatur desa yang terjerat permasalahan hukum untuk pengelolaan keuangan desa ini. Mudah-mudahan melalui program ini, hal yang kita khawatirkan itu tidak terjadi,” tukasnya.

Danramil Nipah Panjang, Kapten Inf Adil Tarigan usai menghadiri acara tersebut sangatlah mengapresiasi akan Program Jaga Desa. Dengan dilaksanakannya Program tersebut tentunya kita berharap akan ada keberhasilan pelaksanaan ADD yang tepat sasaran dan akuntabel.

BACA JUGA  Babinsa Serka Supriadi Lakukan Sosialisasi Tentang Bahaya KARHUTLA.

“Semoga kegiatan yang didanai sesuai dengan yang telah direncanakan dalam APB Desa, dan terjadinya peningkatan pendapatan asli desa tanpa masalah,” sambungnya.

Turut hadir dalam acara kala itu, antara lain Asisten 1 Kabupaten Tanjabtim, Drs Sucipto, Anggota DPRD dari dapil 2 Saihata SE, Kacabjari Sunardi Efendi .SH, Ketua APDESI Propinsi Jambi Samsul Fuad, Camat Rantau Rasau Budi Wahyu S.Stp, Camat Sadu Frans Afrianto S.STP, Camat Nipah Helmi Agustinius SE, Camat Berbak M Yani SE, Kapolsek Rantau Rasau Iptu Ismed, Kapolsek Berbak Ipda Cebru, Kapolsek Nipah Ipda Reza Falepi S.Tr.K, Kapolsek Sadu Aipda M.Nur serta para Babinsa dan Kepala Desa dari 4 Kecamatan (Rantaurasau, Berbak, Nipahpanjang, dan Sadu)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Serda Ismed Bersama Petani Cek Jagung Yang Siap Panen.

Berita Koramil

Babinsa Koramil Nipah Panjang Serda Saharudin Melakukan Pengecekan Keberlangsungan Program Upsus Pajale

Berita Koramil

Babinsa Kec. Geragai dan Forkopimcam Serta Masyarakat Sholat Istisqo Berjamaah.

Berita Koramil

Babinsa Teluk Nilau Cek Bibit Padi Sawah.

Berita Koramil

Babinsa Serda Suparjo Rustam Turun Ke Sawah Bersama Petani.

Berita Koramil

Babinsa Kota Kandis Dendang Bantu Petani Panen Padi.

Berita Koramil

Sinergitas TNI – Polri dan Elemen Masyarakat Berkomitmen Cegah Karhutla di Kec. Kuala Betara.

Berita Koramil

Babinsa 04/Nipah Panjang Bersama Petani Cek Jagung Dengan Jenis Bibit Bisi 2.