Home / BERITA / Kegiatan Dandim / KEGIATAN KODIM 0419

Sabtu, 5 Januari 2019 - 08:34 WIB

Kasdim 0419/Tanjab Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan Kepada Pra Diklat Kukerta Angkatan XXII STAI An-Nadwah Kuala Tungkal TA. 2018/2019.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Kasdim 0419/Tanjab Mayor Chb Indra Wijaya mewakili Komandan Kodim 0419/Tanjab memberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan untuk menjaga keutuhan NKRI kepada Pra Pra Diklat Kukerta Angkatan XXII STAI An-Nadwah Kuala Tungkal TA. 2018/2019, bertempat di Ruang Kelas STAI An-Nadwah Kuala Tungkal pada hari Sabtu siang, (05/01/2019).

 

Materi yang disampaikan meliputi Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara yang terdapat dalam (Empat Pilar Kebangsaan), meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

Mengingat kegiatan ini merupakan sarana untuk menumbuhkan disiplin, loyalitas, setia kawan dan Nasionalisme khususnya bagi generasi muda, agar mampu menjadi pemuda-pemuda yang tangguh dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

BACA JUGA  Semangat babinsa yang tak lelah menemani petani memantau pertumbuhan padi.

 

Perlu kita ketahui bersama bahwa,situasi dan kondisi yang dihadapi oleh bangsa saat ini diantaranya adalah adanya perang proxy (proxy war) dalam berbagai aspek berbangsa dan bernegara dengan memanfaatkan faktor/aspek geografi, demografi dan kondisi sosial (Ipoleksosbud Hankam) yang ada di Indonesia, belum lagi ancaman terorisme, Narkoba yang merusak generasi muda serta ancaman budaya dan lain-lain yang berpotensi merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

“Untuk menangkal itu semua itu kita harus bersatu, bersama-sama melakukan penguatan wawasan kebangsaan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya generasi muda tentang Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara (Empat Pilar Kebangsaan), yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika”, tegas Mayor Indra.

BACA JUGA  Dandim 0419/Tanjab Hadiri Rapat Koordinasi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Kab. Tanjab Timur

 

Di akhir penyampaian Kapten Husnan mengharapkan agar para generasi muda Khususnya adik-adik Menwa, harus mengerti dan mengetahui situasi dan kondisi bangsa Indonesia karena nantinya yang akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia dimasa mendatang adalah generasi muda sekarang ini, “Saya mengharapkan dalam menghadapi situasi bangsa saat ini adik-adik semuanya haruslah menggunakan Nurani, Logika dan Akal Sehat sehingga nantinya adik-adik sekalian akan memiliki batasan dan pola pikir yang luas“, tuturnya. (pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Danramil 419-2/Tungkal Ulu Mengajak Masyarakat untuk Mengikuti Protokol Kesehatan dalam Pemberlakuan New Normal

BERITA

Pangdam II Sriwijaya : Jaga Nama Baik Institusi TNI Dengan Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Keprajuritan Dimanapun Bertugas.

BERITA

Pasiops Tanjab dan Wakapolres Tanjab Timur Padamkan Api Kebakaran Lahan Kelurahan Simpang Kec. Berbak.

BERITA

Ciptakan rasa aman dan damai, Babinsa bersama instansi terkait lakukan pengaman saat perayaan paskah

BERITA

May Day, Kodim 0419/Tanjab Tetap Siaga.

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Hadiri Upacara Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019.

BERITA

Babinsa Koramil 03/Tungkal ilir laksanakan komsos dengan petani kelapa.

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Berbagi Sembako Bantu Warga Terdampak COVID-19.