Babinsa dan Warga Temukan Korban Tenggelam di Sungai Pengabuan Kel. Pelabuhan Dagang Dandim 0419/Tanjab Dampingi Kunjungan Kerja Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Eddy Basuki di Wilayah Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Dampingi Pelatihan Pemberian Makanan Tambahan untuk Tekan Stunting Babinsa Turut Bantu Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Pengabuan Pendampingan Babinsa dalam Penyaluran Pupuk di Desa Rawa Medang

Home / BERITA / Kegiatan Dandim / KEGIATAN KODIM 0419

Kamis, 8 Agustus 2019 - 07:14 WIB

Kodim 0419/Tanjab Ikuti Giat Tanam Mangrove Dalam Rangka Meriahkan HKAN 2019.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com –Dalam Rangka memperingatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2019, BBKSDA menggelar penanaman mangrove dan pemulihan DAS Kampung Hijau Sejahtera, Rabu (7/8/2019) di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal.

Peringatan HKAN yang digelar oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) yang bekerja sama dengan dinas lingkungan hidup, BNPB, kementrian kelautan dan perikanan tanjung Jabung Barat.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Ahmad paloge mengatakan, Peringatan HKAN 2019 ini merupakan momentum untuk terus memasyarakatkan konservasi alam sebagai komitmen seluruh unsur bangsa.

“Dukungan sangat penting dan dibutuhkan dari jajaran pejabat sipil/militer, pusat dan daerah serta komunitas masyarakat, akademisi, profesionalis, aktivis dan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat serta media merupakan unsur sangat penting dalam upaya kita menjaga alam ini. Mari kita bersama-sama menjaga keutuhan kawasan konservasi dan menghindarkan dari kerusakannya,” katanya.

BACA JUGA  TNI-POLRI dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Lakukan Sterilisasi Kedatangan Santri-Santriwati Dari Ponpes Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur.

Sementara, Kepala Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Batanghari, Upt Klhk, Sakhid SpMM mengatakan Penanaman mangrove dalam rangka gerakan peduli mangrove, pemulihan DAS dan Kampung Hijau Sejahtera serta Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan di antaranya penanaman pohon mangrove demi menjaga alam.

“Kegiatan dalam rangkaian HKAN ini diikuti peserta dari mahasiswa, siswa/siswi yang merupakan para Pecinta Alam tanjabbar.” Ujar sakhid

“Kegiatan Penanaman Mangrove ini sangat bermanfaat bagi wilayah Teritorial Kodim 0419/Tanjab yang langsung bersentuhan dengan sungai/lautan sehingga dapat mencegah intrusi air laut, Erosi dan Abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring alami, sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa dan berperan dalam pembentukan dan menstabilkan daerah pesisir”. Ujar Kapten Inf Sartono.

BACA JUGA  Pandemi Belum Usai, Babinsa Pantau Prokes Di Pelabuhan.

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan BBKSDA, Dandim 0419/Tanjab diwakili Pasiterdim 0419/Tanjab Kapten Inf Sartono beserta Anggota Makodim dan Babinsa Ramil Tungkal Ilir, Perwakilan Dinas Kehutanan Tanjab Barat, Perwakilan Dinas Kelautan dan perikAnan Tanjab Barat, Perwakilan BNPB Tanjab Barat dan Para Kader Konvensi Alam Tanjab Barat.

Pada Peringatan HKAN 2019 ini juga dilakukan penanaman mangrove di area Pelabuhan Roro Kuala Tungkal. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Artikel

Musyawarah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat: Membangun Kemanusiaan Bersama

BERITA

Babinsa Bersama Warga Gotong Royong Kerjakan Pengerasan Jalan.

BERITA

Serda Sanu Rizal Gelar Patroli Karhutla Bersama Warga

BERITA

Danramil 419-03/Tungkal Ilir Ikuti Upacara Hari Otonomi Daerah dan Hardiknas 2023

BERITA

Jaga Kebugaran Tubuh, Prajurit Kodim 0419/Tanjab Rutin Laksanakan Jalan Santai Bersama

Artikel

Dandim 0419/Tanjab Meresmikan Musholla Baitul Muslim MAN 2 Tanjab Barat dalam rangka karya bakti TNI

BERITA

Kasdim 0419/Tanjab Hadiri Upacara Hardiknas Tahun 2019.

BERITA

Memperingati Keberkahan dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke-X di Desa Bunga Tanjung