Home / BERITA

Rabu, 17 Juni 2020 - 22:52 WIB

Kodim Tanjab Latih Relawan Menwa Sultan Thaha Hadapi Covid-19

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com Sebanyak – 50 Relawan dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Sultan Thaha Jambi mendapat pelatihan sebagai sukarelawan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kodim 0419/Tanjab, dimana nantinya mereka mampu menerapkan dan mensosialisasikannya didaerah masing-masing.

Komandan Kodim 0419 Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto pun mengapresiasi dukungan yang sangat besar dari para adik adik Menwa. “Ini sangat luar biasa. Gerakan ini bisa terwujud karena motivasi kuat para Menwa yang ditunjang semangat gotong royong memberikan kontribusi secara sukarela bagi masyarakat Jambi, demi memerangi pandemi yang mengancam masa depan Indonesia,” kata Erwan dalam pernyataan resmi di Makodim 0419 Tanjab, Kuala Tungkal, Rabu (17/6/2020).

Erwan menjelaskan, bantuan sukarela para Menwa merupakan bagian penting dalam membantu Pemerintah menangani wabah Covid-19. Relawan Menwa akan turut serta melaksanakan patroli himbauan tentang protokol kesehatan didaerah masing-masing melalui program-program preventif dan promotif melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19 bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid -19, dan mudah-mudahan ini berdampak positif untuk kita semua dan masyarakat di daerah masing-masing.

BACA JUGA  Wujud upaya khusus, Babinsa giat dampingi petani cek pertumbuhan tanaman padi.

Relawan Resimen Mahasiswa juga dapat membantu Pemerintah Daerah melakukan pelacakan (tracing and tracking). “Mari kita tunjukkan bahwa anak-anak muda secara sukarela berani dan bisa menyelamatkan nyawa-nyawa masyarakat di Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Jambi. Mari bersama kita taklukkan pandemi Covid-19, serta kita tunjukkan bahwa kita semua bisa bergerak menjadi ujung tombak melawan pandemi ini”, imbuhnya.

Lebih lanjut, Erwan mengungkapkan, pelatihan pembekalan bagi relawan Resimen Mahasiswa akan dilangsungkan selama tiga hari. Terlebih dahulu dilapangan adik – adik Menwa akan dilatih dan dibimbing oleh anggota saya untuk melaksanakan praktek langsung dan mendapat pembagian tugas dalam penjagaan Posko Pengamanan Covid-19 dan ikut dalam Patroli Gabungan.

Pelatihan ini menjadi bagian sangat penting agar para relawan paham dan bertindak sesuai protokol yang diberikan. “Pelatihan menghadapi Covid-19 ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan meningkatkan kompetensi relawan dengan baik”, ujarnya.

Harapan saya adik-adik mahasiswa melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, penuh semangat dan perhatikan faktor keamanan mudah-mudahan dengan demikian nantinya adik-adik akan dapat mengaplikasikannya didaerah masing-masing.” ujar Dandim.

BACA JUGA  Pangdam II/Sriwijaya Berikan Pengarahan Kepada Prajurit, PNS & Persit Kodim Tanjab.

Sebelumnya kedatangan Resimen Mahasiswa ini diterima oleh Pasi Ops Dim 0419/Tanjab Kapten Inf Riyakudu And, sekaligus mengenalkan beberapa peraturan di Kodim 0419/Tanjab dan juga mengucapkan “Terima kasih telah hadir dan siap untuk latihan prosedur protokol kesehatan yang mana nantinya akan siap membantu Gugus Tugas Covid-19 daerahnya masing-masing”.

Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hidayat selaku Komandan Menwa Sultan Thaha Jambi menjelaskan, dalam kegiatan ini anggota Menwa akan ikut serta dalam membantu Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 dalam mensosialisasikan penerapan disiplin protokol Kesehatan di masyarakat.

“Rencananya kegiatan ini akan kita laksanakan selama 3 hari, nantinya mereka ini akan turun langsung kemasyarakat, baik pasar, atau fasilitas umum lainnya untuk mensosialisasikan penerapan disiplin protokol kesehatan, seperti pakai masker, cuci tangan, dan lain-lainnya,” jelasnya.

“Kami juga berharap, kedepannya kegiatan ini nanti juga bisa lakukan di Kabupaten-Kabupaten lainnya,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Dandim Tanjab Tinjau Areal Persawahan di Desa Rawa Medang.

BERITA

Melalui Vicon, Dandim 0419/Tanjab Hadiri Rakornis TMMD ke 108 Tahun 2020

BERITA

Program Upsus Pajale yang dilaksanakan Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Koptu Syawalludin di Desa Binaannya

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Pimpin Apel Siaga Menghadapi Penetapan Hasil Pilpres 22 Mei 2019.

BERITA

Hadiri Rapat Koordinasi Perkembangan Covid-19, Ini yang disampaikan Dandim 0419/Tanjab

BERITA

Hari Juang TNI AD Kodim 0419/Tanjab Gelar Acara Syukuran.

BERITA

Babinsa Manfaatkan Momen Sosialisasikan Prokes Saat Dampingi Pembagian BLT.

BERITA

Antisipasi karhutla,Babinsa dan tim satgas lakukan pengecekan embung