Dandim 0419/Tanjab Kunjungi RSUD Suryah Khairuddin Merlung. Babinsa Desa Pinang Gading Hadiri Musyawarah Desa. Babinsa Rantau Makmur Dampingi Petani Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi. Manfaatkan Warung, Babinsa Rantau Badak Lamo Komsos Dengan Warga Binaan. Babinsa Dusun Kebun Dampingi Petani Menjemur Padi.

Home / BERITA / KEGIATAN KODIM 0419

Kamis, 5 Maret 2020 - 14:57 WIB

Pabung Tanjab Mayor Marlianus Berikan Sosialisasi Pencegahan Karhutla Ke Warga Kecamatan Geragai.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Pabungdim 0419/Tanjab Mayor Inf Marlianus Pasae melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Karhutla Ke Warga Geragai Kab. Tanjab Timur Tahun 2020 di Aula Kantor Camat Geragai Kab. Tanjab Barat. Kamis (05/03/20)

Nampak hadir Kepala Kejaksaan Negeri Muara Sabak di Wakili oleh Kasi Datun Michael Tampubolon SH, Kapolres di wakili Kabag Ops Polres Tanjab Timur Kompol Alhajad, S.IK, Manggala Agni Daop Bukit  Tempurung Sandy Prabowo S.Hut, BPBD Tanjabtim Damris.Sip.MM, Camat Geragai Suwandi Amd, Kapolsek Geragai Hardi. SH, Babinsa Se Kecamatan Geragai, PT. Indonusa, PT. WKS Distrik VII, PT. Kaswari Unggul, PT. Muji Sari, Lurah dan Kades Sekecamatan Geragai dan puluhan undangan.

Pabungdim 0419/Tanajb mengatakan kepada peserta sosialisasi diharapkan agar sosialisasi dan pencegahan ini benar-benar menjadi wadah untuk penyampaian  informasi dan himbauan serta penekanan kepada perusahaan dan masyarakat khususnya di wilayah Kec. Geragai.

BACA JUGA  Lakukan yang terbaik untuk rakyat, Babinsa bantu petani menanam padi

Selanjutnya Bagaimana cara kita menyampaikan sosialisasi ini  kepada masyarakat sampai paling bawah (petani dan pekebun) agar mereka tau dan mengerti bahaya apa akibat dari membuka lahan dengan cara dibakar. Ujar Mayor Marlianus.

Kabag Ops Polres Tanjab Timur Kompol Alhajad, S.IK juga menyampaikan bahwa hukuman bagi pembakar selain penjara dan denda masyarakat yg lainpun ikut merasakan akibat efeknya karena kesehatan seluruh masyarakat terganggu akibat dari Kebakaran tersebut.

TNI – Polri akan mendorong Pemda Tanjab Timur, Instansi terkait, Pengusaha Perkebunan dan Usaha Migas untuk mendukung sarana prasarana dari segi alat mesin pemadam Karhutla serta menindaklanjuti kembali oleh pemerintah desa dan masyarakat kepada pihak program Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk membangun Sumur Bor dan Sekat Kanal di areal lahan Gambut yang rawan kering air dan sulit terjangkau apabila terjadi Karhutla.

BACA JUGA  Gelar Razia Masker Serentak Se-Indonesia, TNI-Polri serta SatPol PP bersama Aparat Pemerintah Camat dan Ibu-Ibu PKK Tinjau Aktivitas Masyarakat di Zona Jual-Beli

Polri khususnya Polres Tanjab Timur perlu melakukan Edukasi dalam upaya penegakan Hukum Karhutla yakni perlu kita mahami bersama Undang – undang Karhutla UU RI Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan Pasal 78 ayat (3) Ancaman Penjara 15 Tahun dan Denda 15 Miliyar dan UU RI Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan Pasal 108, setiap pelaku usaha perkebunan, yang membuka dan /atau mengolah lahan dengan cara membakar sebagaimana dimaksud pasal 56 ayat (1) Pidana 10 Tahun dan Denda 10 Miliyar, pungkas Kabag Ops.

Pabung juga menghimbau “mari kita bersama-sama menjaga lahan dan kebun kita dari Api kebakaran khususnya di wilayah Kec. Geragai”. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Bantu Warga Menanam Bibit Padi Di Wilayah Binaan.

BERITA

Koramil 419-03/Tungkal Ilir Beri Pembinaan Pramuka SWK

BERITA

Ekspedisi Berakhir, Danrem Gapu Tanam Pohon.

BERITA

Cegah Covid-19, Babinsa Koramil Muara Sabak Bersama Tim Gugus Tugas Periksa Masyarakat yang Melintas.

BERITA

Komsos yang dilakukan Serma Badrul bersama BKTM di Pelabuhan Lasdap Kuala Tungkal

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Gelar “Garuda Putih Peduli Sesamo”.

BERITA

Tiba di Aceh, Kasad dan Ny. Hetty Andika Perkasa Disambut Upacara Adat Peusijuek

BERITA

Upaya Jaga Kebersamaan, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Gelar Komsos Dengan Warga Binaan