Home / BERITA / Kegiatan Dandim

Senin, 18 November 2019 - 13:27 WIB

Pasiter Kodim 0419/Tanjab Hadiri Diskusi Publik Penyusunan Dokumen Peta Resiko Bencana (PRB).

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf M. Arry Yudistira, S.I.P., M.I.Pol diwakili oleh Pasiter Kodim 0419/Tanjab Kapten Inf Sartono menghadiri Kegiatan Diskusi Publik Penyusunan Dokumen Peta Resiko Bencana (PRB) yang dilaksanakan di Ruang Raat Kantor BAPPEDA Kab. Tanjab Barat, Senin (18/11/2019).

Analisis pengelolaan Pengurangan Risiko Bencana Direktorat Penangulangan Bencana BNPB, Adek Nugraha menyampaikan Dokumen tersebut sangat penting mengingat dokumen tersebut menjadi bagian dari penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah.

”Dalam Permendagri 101 tahun 2018 tentang SPM disebutkan bahwa pemerintah daerah wajib dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan risiko bencana dan kesiapsiagaan masyarakat,” ujar Adek.

BACA JUGA  Pabungdim 0419/Tanjab Mayor Inf Marlianus Pasae Mewakili Kehadiran Dandim 0419/Tanjab dalam Kegiatan Rapat Tekhnis Percepatan penanganan Pencegahan Penyebaran Covid -19 di Kab.Tanjab Timur

Dijelaskannya, Kajian tersebut dapat menjadi acuan dalam pengembangan kawasan dan tata ruang wilayah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Bupati dapat memberikan masukan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) agar tidak, misalnya, membangun permukiman dan infrastruktur di daerah yang memiliki ancaman bencana tinggi, sehingga nilai investasi tidak hilang begitu saja ketika ada kejadian bencana.

Sekda Ir. Agus Sanusi yang mewakili Bupati, dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin pada acara pembukaan. Menurutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan kerja sama dalam kegiatan mitigasi bencana.

Sekda menambahkan bahwa dokumen kajian risiko bencana ini akan dijadikan sebagai acuan perencanaan pembangunan bagi Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam melaksanakan penanggulangan bencana yang terencana, terpadu,terkoordinasi dan menyeluruh. Sekda juga memgungkapkan bahwa upaya-upaya PRB perlu untuk melibatkan lembaga usaha.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 419-1 Muara Sabak Wialayah Bukit Tempurung Bantu Evakuasi Korban Gantung Diri

“Kami mendorong isu PRB(Peta Resiko Bencana) sebagai bahan dalam setiap pengambilan kebijakan di Tanjab Barat dan mendorong terbentuknya Forum PRB,” kata Sekda Agus Sanusi.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Seretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ir. H. Agus Sanusi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kepala OPD, Para Camat, Kades serta tamu undangan lainnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Para Isteri Prajurit Kodim 0419/Tanjab Menggelar Aksi Bagi-Bagi Takjil Gratis.

BERITA

Kasdim 0419/Tanjab Bersama Unsur Forkopimda Lakukan Pengecekan Ke TPS Diwilayah Kab. Tanjab Barat.

BERITA

TNI Hadir Untuk Melindungi Rakyat Bukan Untuk Membunuh.

BERITA

Inilah Rumah Warga yang Menjadi Tempat Tinggal Satgas TMMD Kodim 0419/Tanjab.

BERITA

Kasdim 0419/Tanjab Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Tanjab Barat dalam Rangka HUT RI Ke-75

BERITA

Kodim Tanjab Gelar Bhakti Sosial TNI Pengobatan Gratis Sambut HUT TNI Ke-74.

BERITA

Melalui Program TMMD, Dinas Perkebunan Tanjab Timur Serahkan Bantuan Alat Pengolahan Pasca Panen.

BERITA

Kadus Sungai Ayam Berharap Satgas TMMD Tambah Akses Jalan dan Jembatan.