Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Sabtu, 1 Februari 2020 - 12:54 WIB

Pendampingan Petani Memang Sudah Menjadi Salah Satu Tugas Babinsa.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Guna mensukseskan program swasembada pangan nasional, Kodim 0419/Tanjab melalui Babinsa turun langsung ke sawah melakukan pendampingan pertanian di kelompok tani yang ada di wilayah binaan.

Hal tersebut terlihat dari yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Serda Muliadi yang nampak melakukan kegiatan pendampingan di kelompok tani Tani Maju Desa Rantau Makmir, Kec. Berbak, Kab. Tanjab Timur, Sabtu (01/02/2020).

Dalam kegiatan pendampingan tersebut terlihat Babinsa Serda Muliadi bersama Bapak Sarmono melakukan penyiangan gulma dan rumput pada tanaman padi secara manual dengan tangan agar tidak merusak tanaman padi sehingga tanaman padi dapat tumbuh dengan baik dan normal.

BACA JUGA  Babinsa dan Petani Selalu Bersinergi Merawat Padi Untuk Mendapatkan Hasil Panen Yang Maksimal.

Serda Muliadi menjelaskan, Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur disela sela atau diantar tanaman padi.

“Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman khususnya tanaman padi yang menyebabkan tanaman padi tidak dapat menghasilkan secara maksimal,” ungkapnya.

Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto melalui Danramil 04/Nipah Panjang Kapten Inf Adil Tarigan mengatakan, Babinsa mendampingi petani memang sudah menjadi salah satu tugas pokoknya.

BACA JUGA  Babinsa Catur Rahayu Bersama Masyarakat Gotong Royong Pembongkaran Kantor Desa.

“Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk mewujudkan swasembada pangan yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah,” ungkap Danramil 04/Nipah Panjang Kapten Inf Adil Tarigan.

Sementara itu pemilik lahan sawah, Bapak Sarmono mengungkapkan rasa senang dan syukurnya atas pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Babinsa.

“Saya merasa senang dan bersyukur kepada pak Babinsa yang mau mendampingi dan membantu kami para petani, dengan adanya bapak Babinsa kami termotivasi dan terbantu dalam pekerjaan ini,” ungkap Sarmono. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Dengan Metode Komsos, Babinsa Jalin Pembinaan Teritorial Terhadap Warga Masyarakat.

Berita Koramil

Koramil 03/Tungkal Ilir Bersama Tim Terpadu Sigap Padamkan Api Kerhutla Desa Muntialo.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Himbau Warga Binaan Jangan Membakar Hutan dan Lahan.

Berita Koramil

Pasiter Kodim Tanjab Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kab. Tanjab Barat.

Berita Koramil

Serda Mujais Selaku Babinsa Bantu Petani Merontokan Padi Hasil Panen.

Berita Koramil

Babinsa Serdang Jaya Hadiri Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Desa.

Berita Koramil

Danramil Nipah Panjang Pimpin Apel Siaga Hadapi Penetapan Hasil Pemilu 2019.

Berita Koramil

Babinsa Rasau Cek Bibit Padi Yang Akan di Tanam Betul Betul Sehat.