Home / BERITA / Kegiatan Dandim

Kamis, 12 Maret 2020 - 15:04 WIB

Perkuat Sinergitas, Dandim Tanjab Bersama Kapolres Tanjab Barat Pimpin Apel Bersama Antisipasi Bencana dan Karhutla.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Dalam rangka mengantisipasi bencana alam, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P bersama Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro S.IK.MH pimpin Apel Bersama dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla bertempat di Markas Polsek Tungkal Ulu, Rabu (11/3/2020).

Apel yang dipimpin Dandim dan Kapolres tersebut, dihadiri oleh unsur TNI-Polri yang berada di wilayah Koramil Tungkal Ulu, unsur Forkopimcam Tungkal Ulu, Batang Asam dan Tebing tinggi, PT. WKS, PT. MAKIN.

Dandim Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P mengatakan bahwa “Apel bersama ini dilaksanakan sebagai upaya kesiapsiagaan dalam mengatasi bencana di wilayah Teritorial Koramil Tungkal Ulu,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa permasalahan kebakaran hutan dan lahan telah menjadi perhatian pemerintah Indonesia karena berdampak negatif pada pencemaran udara yang mengganggu aktivitas masyarakat. Bahkan dapat menimbulkan korban jiwa bila tidak dilakukan pencegahan secara dini.

“Untuk itu, apel gelar pasukan ini menjadi sarana dalam menyamakan langkah dan menyatukan tekad untuk bahu-membahu dalam penanggulangan bahaya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Tungkal Ulu dan sekitarnya,” jelasnya.

Dandim juga mengatakan bahwa penanggulangan bahaya kebakaran hutan dan lahan melalui upaya pencegahan memerlukan langkah nyata dari semua stakeholders.

“Baik Pemerintah, TNI-Polri, swasta dan segenap lapisan masyarakat seluruh wilayah Kabupaten Tanjab Barat,” urainya.

BACA JUGA  Tim Sterad Bidang Sisrendal Binter Lakukan Wasev di Kodim Tanjab.

Dandim juga menambahkan, agar melaksanakan upaya preventif aktif berupa penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat yang dilaksanakan secara bersinergi dengan mengerahkan para Babinsa dan Bhabinkamtibmas maupun aparat pemerintah di masing-masing wilayah, sehingga terjadi upaya cegah dini terhadap kemungkinan bahaya Karhutla.

“Langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan harus diikuti dengan upaya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan pengawasan dengan patroli rutin dan terjadwal ke daerah-daerah yang kemungkinan rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” imbuhnya.

Dikatakan pula, keberhasilan dalam melaksanakan pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah harus diikuti dengan penyusunan rencana aksi (action plan) dan penyusunan sistem pelaporan cepat bahaya bencana Karhutla.

“Dengan mendirikan Posko Desk, kita dapat memantau cuaca dan Karhutla sebagai sistem deteksi dini dan cegah dini kebakaran hutan dan lahan, agar berjalan secara terencana, sebagai langkah antisipasi mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Tanjab Barat umumnya,” pungkasnya.

Selesai Apel Bersama, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran yang disaksikan langsung Dandim dan Kapolres.

Selanjutnya dilakukan pengecekan personel dan materiil Alat Pemadam Kebakaran dan Anggota RPK PT. IIS bertempat di Desa Merlung Kec. Merlung Kab. Tanjab Barat.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0419/Tanjab dan Kapolres tanjab Barat mengecek perlengkapan alat pemadam kebakaran dan Anggota RPK yang ada di perusahaan tersebut

BACA JUGA  Di Tengah Pandemi Covid-19, Pembukaan TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Tetap Berlangsung Secara Sederhana.

Sebelumnya Dandim bersama Kapolres juga melaksanakan Pertemuan dengan Jajaran Forkopimcam Merlung, Renah mendaluh dan Muara Papalik bertempat di Polsek Merlung. Dimana Dandim berpesan terkait akan dilaksanakannya Pilkada agar berjalan dengan aman tertib dan damai serta terkait masalah karhutla agar masing² jajaran dari Kades hingga Camat serta pihak terkait dapat saling bekerjasama dalam rangka menangani terjadinya Karhutla.

Juga sempat berkunjung kerumah Salah Satu Keluarga Tidak Mampu A.n. Bu Retna (73 Tahun) Janda Anak 3 bertempat di RT. 04 Kel. Merlung Kec. Merlung dengan memberikan bantuan berupa tali asih dalam bentuk bingkisan.

Paginya Petinggi TNI dan Polri di wilayah Kabupaten Tanjab Barat juga melaksanakan kegiatan Manunggal Subuh berjamaah di Masjid Nurul Islam Kel. Pelabuhan Dagang Kec. Tungkal Ulu.

Di Kecamatan Merlung, Dandim,  Kapolres dan Rombongan singgah di SMAN 10 Tanjab Barat yang berlokasi di Desa Bukit Harapan Kec. Merlung, Kunjungan tersebut terkait kejadian oknum wali murid yang melakukan tindakan penganiayaan terhadap Kepala sekolah SMAN 10 Tanjab Barat dan saat ini pelaku tindakan penganiayaan sudah diamankan di Mapolres Tanjab Barat, disana Dandim 0419/Tanjab dan Kapolres Tanjab Barat disambut oleh Jajaran Majelis Guru dan Perangkat Pemdes Desa Bukit Harapan Kec. Merlung. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

KodimTanjab Akan Rekrut Komcad Matra Darat, Siapa Saja Bisa Ikut!

BERITA

“Bijak Gunakan Media Sosial” Satgas TMMD 108 Kodim Tanjab Gelar Penyuluhan UU ITE.

BERITA

Guna Mencegah Terjadinya Karhutla Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir, BKTM Beserta Perangkat Desa Melakukan Patroli di Desa Tanjung Senjulang

BERITA

Camat Tebing Tinggi Sambut Hangat Kunjungan Erwan Susanto Dandim 0419 Tanjab.

BERITA

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati Seru Pelda D.Purba Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Desa Pematang Lumut Kec. Betara dalam Kegiatan KOMSOS

BERITA

Hiburan Rakyat dan Doorprize Akan Warnai Penutupan TMMD Kodim 0419/Tanjab.

BERITA

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Wilayah Kec. Renah Mendaluh Memberikan Bantuan dengan Tema “Garuda Putih Peduli Sesamo”

BERITA

Pabungdim 0419/Tanjab Pimpin Personel Laksanakan Keamanan Pendaftaran Bakal Cabup dan Cawabup Tanjab Timur