Dandim 0419/Tanjab Saksikan Penyembelihan Hewan Qurban Pada Hari Raya Idul Adha 1445 H Dandim 0419/Tanjab laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H / 2024 M bersama Forkopimda Tanjab Barat Pastikan Kestabilan Harga Pangan Menjelang Idul Adha, BatiOps Pengubung Turut Hadiri GPM Babinsa Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Paskibraka di SMPN 3 Kuala Tungkal Jalin Silaturahmi, Pangdam II/Swj Kunjungi PT. Dexa Medica Palembang

Home / BERITA / KEGIATAN KODIM 0419

Kamis, 9 Juli 2020 - 16:32 WIB

Satgas TMMD 108 Tanjab Hibur Anak-anak Dengan Permainan Tradisional.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com –  Anggota Satgas TMMD ke-108 Kodim 0419/Tanjab Kapten Inf Budi Ereska (Pasi Intel Satgas) di dampingi Serda Arman Dedi menggunakan cara tersendiri untuk melakukan pendekatan pada anak – anak Dusun 2 Sungai Kapas, Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjab Barat, yakni dengan cara mengajak mereka bermain kelereng agar menghidupkan kembali permainan tradisional yang hampir punah di masa kanak – kanak ini, Selasa (7/7/2020) sore.

Sepulang kerja dari pengerjaan jalan yang menghubungkan Parit 6 Sungai Kapas menuju Parit 11 Sungai Benuh Desa Labuhan Pring, kedua prajurit TNI ini menyempatkan diri bergabung bermain kelereng bersama anak – anak di halaman rumah Pak Asse’ warga Dusun 2 Sungai Kapas.

Kegiatan ini mereka lakukan sebelum mereka membersihkan badan. Tidak lupa juga mereka setelah selesai bermain kelereng, Kapten Budi mengumpulkan anak – anak kembali untuk mengajak pulang kerumah masing – masing dan mandi setelah itu sholat dan mengaji serta belajar walaupun saat ini sekolah diliburkan.

BACA JUGA  Setelah MoU bersama BKKBN Jambi dengan Korem 042/Gapu secara Virtual Kodim 0419/Tanjab Siap Dampingi Kegiatan BKKBN.

Kapten Budi menjelaskan bahwa dengan ikut bermain dengan anak, lebih mudah bisa memberikan motivasi dan semangat belajar. Secara tidak disadari mereka, kita sudah menularkan tujuan yang tak kalah mulia membentuk karakter anak bangsa semangat untuk belajar.

Di jaman sekarang ini, di perkotaan, mungkin sudah jarang sekali anak yang memainkan kelereng. Selain karena lahan kian sempit (Karena bermain kelereng membutuhkan lahan yang agak luas), juga tak sedikit orang tua yang keberatan anaknya bermain kelereng dengan alasan kotor, sulit terawasi, dan mungkin dianggapnya sebagai permainan yang ketinggalan jaman, kata Budi.

BACA JUGA  Pendampingan Hanpangan Dilakukan Oleh Peltu S.A Sinurat Kepada Petani

Padahal, permainan kelereng atau gundu, atau  orang Jawa menyebutkan neker. Di Sunda disebut Kaleci atau di Palembang dinamai ekar, dan di Banjar dikenal dengan istilah kleker, mempunyai banyak manfaat dalam penumbuhan karakter anak.

“Permainan kelereng bermanfaat untuk mengatur emosi, melatih kemampuan motorik, melatih kemampuan berfikir,

kemampuan berkompetensi, kemampuan sosial, bersikap jujur, melatih kecermatan dan ketelitian”, ucap Budi.

Salah satu dari Orangtua anak, Pak Asse’ warga dari Dusun 2 Sungai Kapas ini sangat berterima kasih kepada anggota Satgas TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab yang telah memberikan motivasi serta didikan yang sangat baik terhadap anak – anak kami, semoga kelak nanti mereka menjadi TNI seperti kedua anggota Satgas ini, tutur Pak Asse’. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Wujud Rasa Syukur, Kodim 0419/Tanjab Gelar Syukuran dan Do’a Bersama Dalam Rangka Hari Juang TNI AD

BERITA

Babinsa Bersama Warga Lakukan Patroli Pencegahan Karhutla

Artikel

Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak menghadiri kegiatan Konvergensi Lintas Sektoral dan Lintas program.

BERITA

Pendampingan oleh Serda Rizal Selaku Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak dalam Rangka Pembagian BLT Pos di Desa Binaannya

BERITA

Cegah Hama,babinsa koramil 04/Nipah Panjang dan petani cek tanaman jagung.

BERITA

Kasdim 0419/Tanjab Ikuti Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022

BERITA

Komsos Bersama Warga Desa, Babinsa : Pererat Silaturahmi.

BERITA

Babinsa Dampingi Warga Meninjau Langsung Pertumbuhan Padi.