Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Kamis, 28 Maret 2019 - 08:08 WIB

Selain Komoditas Padi, Babinsa Juga Pantau Pertumbuhan Tanaman Jagung.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Sertu Iwannadi, anggota Koramil 419-01/ Muara Sabak melaksanakan kegiatan pemantauan perkembangan tanaman jagung sebagai wujud pelaksanaan Upaya Khusus (Upsus) Pajale dalam rangka peningkatan mutu swasembada pangan, khususnya tanaman jagung. Kamis (28/3/2019).

Kegiatan yang dilakukan Babinsa ini direspon positif oleh warga, khususnya petani jagung dalam rangka tugas pendampingan pertanian sebagai upaya untuk mengawal kesuksesan program ketahanan pangan yang dicanangkan Pemerintah.

Pada kesempatan ini, Sertu Iwannadi yang merupakan Babinsa Pandan Sejahtera di Kecamatan Geragai melaksanakan pemantauan dan pengecekan tanaman jagung seluas 1 hektare milik bapak Rahman anggota Kelompok Tani Tunas Muda Kec. Geragai Kab. Tanjab Timur.

BACA JUGA  Babinsa Koptu Sumanto Lakukan Ptroli dan Sosialisasikan Bahaya Membuka Lahan Dengan Cara Membakar.

Kegiatan pemantauan ini bertujuan untuk mengecek tanaman jagung milik petani untuk dapat mengetahui perkembangan dan pertumbuhan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung.

“Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan oleh Babinsa diwilayahnya masing masing. Sebab, cara ini merupakan suatu langkah efektif untuk bisa mengetahui setiap perkembangan tanaman khususnya jagung diwilayah Rantau Rasau ini.” Ujar Sertu Iwannadi.

BACA JUGA  Babinsa Koptu Timuryono Lakukan Pendampingan Pengecekan dan Perawatan Padi Dilahan Milik Bapak Ngapdi.

Dalam pemantauan tersebut, Babinsa Sertu Iwannadi turun langsung bersama petani membantu merawat tanaman dengan ikut membersihkan rumput liar dan gulma yang tumbuh dan mengganggu tanaman jagung.

“Penyiangan dan pembersihan gulma ini merupakan tindakan sederhana yang dapat dilakukan oleh petani guna membantu pertumhan dan perkembangan tanaman jagung,” kata Sertu Iwannadi.

Sementara itu, bapak Rahman tampak bersemangat dan antusias membersihkan lahan jagung miliknya karena adanya Babinsa yang ikut membantu dan memotivasinya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Dandim 0419/Tanjab Gelar Lomba Burung Berkicau.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 02/TU Lakukan Pengamanan Gerak Jalan dan Pawai Budaya Dalam Rangak HUT RI Ke-74.

Berita Koramil

Tanpa Kenal Waktu Babinsa Koramil Nipah Panjang Rutin Melaksanakan Sosialisasi dan Patroli Cegah Karhutla

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/TI Rangkul Pemuda Desa Binaan.

Berita Koramil

Geliat Babinsa Bergotong Royong Bersama Warga Binaan.

Berita Koramil

Babinsa Kampung Singkep Memotivasi Para Petani Agar Dapat Mempercepat Proses Tanam.

BERITA

Tingkatkan Kualitas panen, Babinsa dampingi petani cek bibit padi.

Berita Koramil

Kata Babinsa : Dalam Pendampingan Petani, Saya Selalu Berupaya Memberikan Yang Terbaik.