Melanjutkan tradisi sebelumnya, Malam Pisah Sambut Dandim 0419/Tanjab dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Tanjab Dandim Kodim 0419/Tanjab Letkol Kav. Muslim Rahim. T, SH, M. Si. Melaksanakan Peresmian rumah dinas asrama Kodim 0419/Tanjab Melaksanakan Peresmian rumah dinas asrama Kodim 0419/Tanjab. Dandim 0419/Tanjab Meresmikan Musholla Baitul Muslim MAN 2 Tanjab Barat dalam rangka karya bakti TNI Babinsa 419-02/Tungkal Ulu. Menghadiri kegiatan Penyerahan Bibit Oleh Bupati Tanjab Barat Danramil 419/TI mewakili Dandim 0419/Tanjab menghadiri Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-59

Home / Artikel / BERITA / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Rabu, 20 Desember 2023 - 19:02 WIB

Sosialisasi Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah: Upaya Menuju Lingkungan Bersih dan Sehat

Kuala tungkal, kodimtanjab.com – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting dalam pengelolaan sampah, Kopda Armadan Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir, Kelurahan Tungkal IV Kota aktif mengikuti kegiatan sosialisasi. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 20 Desember 2023, mulai pukul 08.30 hingga selesai di Aula Kantor Lurah Tungkal IV Kota, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rabu (20/12/23)

Acara diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Bapak Lurah Tungkal IV Kota, H. Muhammad Arif, S. Sos. I, dan Babinsa Kelurahan Tungkal IV Kota, Kopda Armadan.

Bapak Suparjo, S.E., Kadis Lingkungan Hidup, menyampaikan sambutannya. Beliau menekankan bahwa kesadaran masyarakat terhadap sampah adalah kunci utama menuju kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Sampah menjadi hal yang menakutkan, tetapi sekarang masyarakat sudah mulai sadar bahwa sampah itu tidak baik. Apabila masyarakat mulai ribut atau sibuk dengan urusan sampah, berarti mereka mulai menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan, karena kebersihan itu sebagian dari iman,” ujar Bapak Kadis Lingkungan Hidup.

BACA JUGA  Danramil Nipah Panjang Ajak Warga Desa Labuhan Pering Olah Kelapa Menjadi Kopra Yang Lebih Optimal.

Beliau juga mengajak untuk melihat sampah bukan sebagai masalah, melainkan sebagai potensi penghasilan jika diolah dengan baik. Harapannya, pertemuan ini dapat memberikan manfaat yang baik dan mendorong motivasi masyarakat untuk peduli dengan lingkungan hidup.

Nara Sumber, Yudha Tryanto SIP.MH, Ketua Bank Sampah Induk Dream Jambi, memberikan materi tentang pengelolaan sampah. Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 telah mengatur pengelolaan sampah, termasuk larangan membakar sampah yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis.

“Pasal 12 ayat 1 juga menyebutkan bahwa setiap orang berkewajiban mengelola sampah rumah tangga dengan cara yang berwawasan lingkungan. Peraturan Daerah dapat menentukan sanksi pidana kurungan atau denda atas tindakan pembakaran sampah,” ungkap nara sumber.

BACA JUGA  Pererat Hubungan Masyarakat. Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Laksanakan Kegiatan Komsos

Dalam kesempatan ini, masyarakat diajak untuk memulai mengumpulkan sampah. Bank Sampah, menurut Permen LHK No 14 tahun 2021, adalah fasilitas untuk mengelola sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, dan recycle). Bank Sampah bukan hanya sebagai sarana edukasi, namun juga sebagai perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah dan pelaksanaan ekonomi sirkular. Semua ini dapat dilakukan oleh masyarakat, badan usaha, dan/atau Pemda.

“Kami mengajak bapak ibu semua untuk memulai mengumpulkan sampah dan nantinya akan menjadi tabungan pribadi. Mari bersama-sama kita wujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan,” ajak Kopda Armadan.

Kegiatan sosialisasi ini berhasil menciptakan kesadaran dan pemahaman lebih dalam mengenai pengelolaan sampah. Harapannya, partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan terus meningkat, serta praktik 3R (reduce, reuse, dan recycle) menjadi gaya hidup yang diterapkan secara luas. (Pentjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Menghadiri Apel Besar Deklarasi Kabupaten Bersih Dari Narkoba (BERSINAR) di Kab.Tanjab Barat Tahun 2023.

Berita Koramil

Kekompakan Terlihat Pada Babinsa Koramil 419-02/TU Dalam Rangka Distribusikan Sembako “GARUDA PUTIH PEDULI SESAMO”.

Berita Koramil

Koramil 01/Muara Sabak Bersama Tim Gabungan Gelar Patroli Yustisi di Kecamatan Mendahara Ulu.

Berita Koramil

Dandim 0419/Tanjab Raih Gelar Sarjana Strategi Pertahanan Darat.

Berita Koramil

Serka Gunarto Sebagai Babinsa Laksanakan Komunikasi Sosial Dalam Rangka Pembinaan Teritorial (Binter).

BERITA

Bersama Warga, Babinsa Patroli Cegah Karhutla.

BERITA

Bentuk Upaya Khusus, Babinsa dampingi petani pantau pertumbuhan padi.

Artikel

Sukseskan Panen Para Petani, Babinsa Koramil Koramil 419-04/Nipah Panjang bantu petani pengecekan Padi.