Ziarah dalam Memperingati HUT ke-78 Persit Kartika Chandra Kirana Danramil Turut Mensupport Gerakan Pangan Murah untuk Masyarakat Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Danramil 419-01/Muara Sabak Sosialisasi Penanggulangan Dampak Sismik di Kelurahan Rantau Indah Danramil Dampingi Tim Dirjed Tanaman Pangan dalam Kegiatan Opla dan Pompanisasi Di Muara Sabak Danramil 419-02/Tungkal Ulu Laksanakan Mediasi Antara Kelompok Tani Terkait Dengan Persoalan Penggunaan Lahan

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Sabtu, 6 April 2019 - 05:11 WIB

Sudah Masuk MT. Asep 2019, Babinsa Bantu Petani Mengolah Lahan Sawah.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serka M. Olis melaksanakan pendampingan kepada petani dalam mengolah lahan sawah seluas ± 1,5 hektar dalam rangka percepatan tanam berikutnya.

Aksi bajak sawah dengan peralatan handtraktor ini di lakukan dilahan sawah milik bapak Dedi yang terletak di Desa Tanjung Bojo Kecamatan Batang Asam Kab. Tanjung Jabung Barat. Jum’at (5/4/2019).

“Pengolahan lahan dengan menggunakan handtraktor dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan traktor ini dapat mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan berlumpur,” ujar Serka Olis.

BACA JUGA  Semangat Babinsa Bantu Warga Panen Padi.

“Selain itu keuntungan yang didapat selama pengolahan ganah yaitu gulma yang mati, kemudian akan membusuk menjadi humus, pengakran tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air,” sambungnya.

Serka M. Olis juga menyampaikan, pada pengolahan sawah agar dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan air. Pematang sawah diulayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.

BACA JUGA  Babinsa 04/Nipah Panjang Serka M. Agus Memonitoring Padi Jenis Impara Seluas ± 1 Ha.

“Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik sehingga kebuguhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.” Ujarnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Dengan Metode Komsos, Babinsa 03/Tungkal Ilir Jalin Silaturahmi Dengan Warga Binaan.

BERITA

Lakukan Pengecekan Embung, Cara Babinsa Dan Satgas Mengantisipasi Jika Terjadi Karhutla

BERITA

Babinsa Laksanakan Pendampingan Kepada Kelompok Tani

BERITA

Babinsa dampingi petani cek pertumbuhan tanaman jagung.

BERITA

Bersama Warga Binaan, Babinsa Pantau Pertumbuhan Tanaman Jagung.

BERITA

Babinsa kota kandis Dampingi Warga Binaan Menjemur Padi.

BERITA

Upaya Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Babinsa Bagikan Masker Kepada Pengendara.

BERITA

Babinsa Tinjau Tanaman Padi Milik Warga Binaan