Pabung Kodim 0419/Tanjab Ikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Pasiter Kodim Tanjab Ikuti acara Purna Paskibraka Duta Pancasila Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021. Upaya Khusus, Babinsa Desa Gemuruh Dampingi Warga Pantau Padi. Babinsa Desa Semau Lakukan Patroli Karhutla. Babinsa Desa Pemusiran Ikuti Musyawarah Desa.

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Sabak

Selasa, 16 Maret 2021 - 19:38 WIB

Tingkatkan Kualitas Prajurit Kodim 0419/Tanjab dengan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Sebagai upaya untuk membantu mengatasi ekonomi petani di masa pandemi.  Kodim 0419/Tanjab menggelar pelatihan pembuatan pupuk Kompos kepada Tamtama Remaja Kodim 0419 Tanjab, yang dilaksanakan di Desa Dataran Kempas Kec. Tebing Tinggi Kab. Tanjab Barat.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut Kodim 0419/Tanjab menggandeng Kelompok Tani Kompos Mekar Jaya RT. 12 Desa Dataran Kempas Kec Tebing Tinggi. Sedang pemateri pembuatan pupuk kompos dari Direktur Kelompok Tani Mekar Jaya, Bpk Marsono.

Penyuluhan pembuatan pupuk kompos dilaksanakan mengingat harga pupuk sangat tinggi dipasaran, sehingga banyaknya masyarakat tidak mampu untuk membeli dan hanya menanam sebagian dari lahan yang dimiliki.

BACA JUGA  Dandim Tanjab Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SMPN 22 Tanjab Timur.

Demikian disampaikan Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, di Makodim -0419/Tanjab, Jalan Beringin, Kel. Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Jambi, pada Selasa (16/3/2021).

Dikatakan juga bahwa, bahan – bahan pembuatan pupuk organik tersebut diantaranya POC (pupuk organik cair), eco emzyme, biochar dan pestisida nabati.

“Keempat pupuk tersebut adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti arang, serabut kelapa, air kelapa, dedaunan, em4 (bakteri baik buat pertumbuhan tanaman), dan tebu. Prosesnya di fermentasi setelah 1 minggu baru bisa kita gunakan,” jelas Dandim.

Lanjutnya mengatakan, pupuk ini bisa kita gunakan pada tanaman dan tumbuhan padi, sayuran – sayuran dan tumbuhan lainnya. Hal ini adalah suatu yang bisa menguntungkan bagi petani dengan biaya yang sangat murah meriah.

BACA JUGA  Serka Hendika Hadiri Kegiatan Isra’ Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H.

Dandim juga memberikan motivasi kepada para Tamatama Remaja untuk mengajak masyarakat memanfaatkan alam sekitar. Berikan ilmu yang telah dikuasai supaya bermanfaat bagi orang banyak, bahan dari pada pupuk ini dapat kita temukan di sekeliling kita dan kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

“Manfaatkan serta serap betul – betul ilmu yang didapat dari penyuluhan hari ini,” pungkas Dandim.

Terpantau dilapangan para Tamtama remaja tersebut saat mengikut pelatihan pembuatan kompos didampingi oleh Babinsa wilayah Kec. Tebing Tinggi dipimpin Serma Ari Purwanto.  (Pentjb/red).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Bersama Petani, Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Lakukan Penyemaian Bibit Padi.

BERITA

Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak, Peltu Yusuf Eko Bersama Aparatur pemerintah Desa,dan Masyarakat Melaksanakan Penyemprotan Disinfektan di tempat Rumah Ibadah di Wilayah

BERITA

Babinsa Koramil Muara Sabak Bantu Petani Menggiling Hasil Panen Padi.

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Gencar Lakukan Serbuan Vaksinasi.

BERITA

Satgas TMMD Bantu Perbaiki Pemasangan Banner Penerimaan Siswa/i Baru di SMPN Satu Atap 9 Desa Labuhan Pering.

BERITA

Pasi Intel Kodim 0419/Tanjab Hadiri Rakor Kesiapan Hari Raya Idul Adha 1442H/2021 M.

Berita Koramil

Serbuan Teritorial Babinsa Lakukan Gotong Royong Cor Pondasi Masjid.

Berita Koramil

Koptu Noviandi Selaku Babinsa Pantau Pertumbuhan Jagung Umur 4 Minggu Seluas 2 Ha.