Seusai Apel Pagi, Anggota Kodim 0419/Tanjab Lakukan Senam. Babinsa Desa Harapan Jaya Lakukan Patroli Karhutla Bersama Warga. Babinsa Pematang Tembesu Komsos Dengan Warga Binaan. Pimpinan Apel Pagi, Dandim Tekankan Anggota Terapkan Protkes. Jaga Kebugaran, Dandim Tanjab Bersama Personel Laksanakn Jalan Santai.

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Sabak

Selasa, 16 Maret 2021 - 19:38 WIB

Tingkatkan Kualitas Prajurit Kodim 0419/Tanjab dengan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Sebagai upaya untuk membantu mengatasi ekonomi petani di masa pandemi.  Kodim 0419/Tanjab menggelar pelatihan pembuatan pupuk Kompos kepada Tamtama Remaja Kodim 0419 Tanjab, yang dilaksanakan di Desa Dataran Kempas Kec. Tebing Tinggi Kab. Tanjab Barat.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut Kodim 0419/Tanjab menggandeng Kelompok Tani Kompos Mekar Jaya RT. 12 Desa Dataran Kempas Kec Tebing Tinggi. Sedang pemateri pembuatan pupuk kompos dari Direktur Kelompok Tani Mekar Jaya, Bpk Marsono.

Penyuluhan pembuatan pupuk kompos dilaksanakan mengingat harga pupuk sangat tinggi dipasaran, sehingga banyaknya masyarakat tidak mampu untuk membeli dan hanya menanam sebagian dari lahan yang dimiliki.

BACA JUGA  Danrem 042/Gapu Hadiri Rakor Pelaksanaan Ekspor Komoditi Pinang Melalui Pelabuhan Muara Sabak.

Demikian disampaikan Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, di Makodim -0419/Tanjab, Jalan Beringin, Kel. Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Jambi, pada Selasa (16/3/2021).

Dikatakan juga bahwa, bahan – bahan pembuatan pupuk organik tersebut diantaranya POC (pupuk organik cair), eco emzyme, biochar dan pestisida nabati.

“Keempat pupuk tersebut adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti arang, serabut kelapa, air kelapa, dedaunan, em4 (bakteri baik buat pertumbuhan tanaman), dan tebu. Prosesnya di fermentasi setelah 1 minggu baru bisa kita gunakan,” jelas Dandim.

Lanjutnya mengatakan, pupuk ini bisa kita gunakan pada tanaman dan tumbuhan padi, sayuran – sayuran dan tumbuhan lainnya. Hal ini adalah suatu yang bisa menguntungkan bagi petani dengan biaya yang sangat murah meriah.

BACA JUGA  Babinsa Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi Warga Binaan.

Dandim juga memberikan motivasi kepada para Tamatama Remaja untuk mengajak masyarakat memanfaatkan alam sekitar. Berikan ilmu yang telah dikuasai supaya bermanfaat bagi orang banyak, bahan dari pada pupuk ini dapat kita temukan di sekeliling kita dan kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

“Manfaatkan serta serap betul – betul ilmu yang didapat dari penyuluhan hari ini,” pungkas Dandim.

Terpantau dilapangan para Tamtama remaja tersebut saat mengikut pelatihan pembuatan kompos didampingi oleh Babinsa wilayah Kec. Tebing Tinggi dipimpin Serma Ari Purwanto.  (Pentjb/red).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Tungkal IV Kota Silaturahmi Bersama Warga Binaan.

Berita Koramil

Pantau Pembagian BLT Tahap Lima, Babinsa Imbau Warga Lambur Disiplin Terapkan Protkes.

Berita Koramil

Babinsa Lubuk Kambing Bergotong Royong Bersama Warga Membuat Drainase di Sisi Jalan.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 02/TU Serda Hendra Fetriadi Bersama Petani Cek Padi.

Berita Koramil

Jajaran Kodim 0419/Tanjab Terus Lakukan Tindakan Pencegahan dan Antisipasi Terjadinya Karhutla.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Bantu Petani Panen Padi.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir PAM Pawai Karnaval Dalam Rangka Peringatan HUT Ke-74 RI.

Berita Koramil

Dukung Upsus Pajale, Babinsa bersama BKTM Cek Lahan Jagung Bersama Petani