July 17, 2018

Pabungdim 0419/Tanjab Berikan Sosialisasi Tentang Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Pabungdim 0419/Tanjab Berikan Sosialisasi Tentang Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan.

KODIM TANJAB, KULA TUNGKAL – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf M. Arry Yudistira, S.I.P., M.I.Pol yang diwakili oleh Pabungdim Mayor Chb Indra Wijaya memberikan sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bertempat di Aula Kantor Camat, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kamis (12/7/ 2018), sekira pukul 10.30 WIB.

Adapun sebagai Narasumber di dalam sosialisasi tersebut selain Pabungdim 0419/Tanjab Mayor Chb Indra Wijaya, juga Dinas Kehutatan Prov Jambi (Kasilaksda) Doni Usmanto SH, Ka RPK PT WKS Eldi Ramadanis, SH, Kapolsek Mendahara Ulu Iptu A. Jalil Sidabutar,SH serta Kadalops Manggala Agni Bukit Tempurung Rinaldi.

Pabungdim menyampaikan bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan salah satu Kabupaten yang termasuk dalam Kabupaten Rawan Karhutla, dari 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, 6 Kecamatan diantaranya merupakan daerah rawan Karhutla, yaitu Kec. Dendang, Kec. Berbak, Kec. Mendahara Ulu, Kec. Geragai, Kec. Nipah Panjang serta Kec. Sadu.

Selanjutnya Pabung mengatakan bahwa kegiatan yang telah dilakukan Kodim 0419/Tanjab dalam mengantisipasi Karhutla antara lain melaksanakan Rapat Koordinasi Karhutla dengan instansi terkait, Patroli gabungan (TNI, Polri, BPBD, MPA, Tagana) di daerah rawan Karhutla, Sosialisasi tentang bahaya Karhutla serta pencegahan Karhutla oleh Babinsa, Pemasangan spanduk Karhutla, melakukan Pos Pantau Karhutla, Patroli pengecekan titik hotspot, Pemadaman api di daerah yang terbakar.

Dalam upaya pencegahan Karhutla, diperlukan kolaborasi yang baik antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Masyarakat dan perlunya pelatihan para petugas pencegahan Karhutla untuk meningkatkan kemampuan petugas agar menjadi lebih siap dalam menghadapi Karhutla dilapangan.

Guna untuk mencegah terjadi nya Karhutla,Perlu di adakan latihan bersama untuk mengasah kemampuan, kesiapan individu, kesiapan Tim, Perlengkapan, Peralatan serta mekanisme dilapangan.

Dan terakhir, Pabung mengingatkan, kita tidak usah berpolemik mengenai karhutla ini sebenarnya tanggung jawab siapa, yang jelas ini adalah tugas kita bersama, oleh sebab itu agar masyarakat di ingatkan supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar, tapi silahkan dengan cara yang ramah, contohnya mengubur sisa limbah penebangan dan hal itu juga bisa menjadi pupuk organik serta masih banyak cara-cara lain yang lebih positif,” tutur Pabung. (Pen-0419)

Tags: ,
banner panglima