by

Danramil 419-01/Muara Sabak Melaksanakan Sholat Sunat Idul Adha 1439 H / 2018 M.

KODIM TANJAB, KUALA TUNGKAL – Danramil 419-01/M. Sabak Kapten Inf Sartono melaksanakan komsos dengan melaksanakan Sholat Sunat Idul Adha 1439H / 2018 M di Masjid Nur Addarojad, Masjid Raya Kab. Tanjab Timur, Rabu, 22 Agustus 2018 pukul 07.30 WIB

Mengikuti kegiatan Open Haus di kediaman Bupati Tanjabtim, Wakil Bupati Tanjabtim, Ketua DPRD Kab. Tanjabtim dan Sekda Kab. Tanjabtim
Kegiatan Sholat Hari Raya Idul Adha tersebut dihadiri Wakil Bupati Tanjabtim H. Robby Nahliansyah, Ketua DPRD Kab. Tanjabtim Muhammad Haris, S. Kom dan seluruh OPD Kab. Tanjabtim serta seluruh jamaah Sholat idul Adha ± 750 org.

Sambutan Bupati Tanjabtim yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tanjabtim H. Robby Nahliansyah antara lain : Mengajak kepada kita semua mentauladani Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS untuk selalu berbuat iklas, dan selelu bedo’a kepada Allah swt semoga amal ibadah kita diterimaNya.

Dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 H ini mari kita tingkatkan kepedulian kita terhadap sesama, untuk saling mengasihi dan menyayangi, serta selalu kita pupuk rasa kebersamaan kita agar tercipta kekuatan yang nyata dalam membangun segala bidang untuk memakmurkan negara kesatuan Republik Indonesia ini terutama wilayah Kabupaten Tanjabtim yang kita banggakan.

Khutbah Sholat hari Raya Idul Adha 1439 H yang dibacakan oleh Ketua MUI Tanjabtim H. Arsad As Ad M. Ag sebagai berikut , Setiap kegiatan perayaan Idul Adha kita tidak lepas dari membicakan Tentang Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS , karena bapak dan anak ini menjadi Suri tauladan bagi kita dalam banyak hal seperti, Ketaatan, kepasraham kepada Allah Swt , kesabaran dan keiklasan beribadah demikian pula dalam menjalani hidup dan kehidupan sehari hari.

Ada 3 hal yang bisa kita petik dalam kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yaitu :
Pertama Tentang totalitas kepatuhan kepada Allah swt sehingga mendapat julukan ” khalilullah” yaitu kekasih Allah yang sanggup melalui cobaan Allah untuk menyembelih anaknya tersayang, yang sehingga diganti domba oleh Allah swt.

Kedua Dalam suatu kisah tersebut, jangan menganggap mahal sesuatu bila itu bila itu untuk mempertahankan nilai-nilai ketuhanan, namun disisi lain kita dihimbau untuk tidak menganggap remeh nyawa dan darah manusia.

Ketiga Hakekat pengorbanan/sedekah daging hewan qurban hanyalah simbul dari makna yang sejatinya sangat luas, (yang meliputi pengorbanan dalam wujud harta benda, tenaga, pikiran, waktu dan bahkan mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan umat/orang banyak dan masih banyak lagi pengorbanan yang harus kita lakukan yang tidak bisa saya uraikan satu persatu )

Pengorbanan merupakan manifestasi dari kesadaran kita sebagai makluk sosial yang dilandasi oleh rasa Iklas dalam rangka menggapai kedekatan kepada Allah swt. Selesai sholat Idul Adha Danramil 419-01/M. Sabak dilanjutkan menyaksikan penyerahan hewan qurban dari Pemkab Tanjabtim kepada panitia Qurban yang diwakili Sekda kab Tanjabtim bpk Sapril, S.Ip kepada Panitia Qurban bpak Drs. H. Umar.(PEN-0419)

Comment

News Feed