October 21, 2018

Dandim 0419/Tanjab : Berkendaraan Wajib Menggunakan Alat Keselamatan.

Dandim 0419/Tanjab : Berkendaraan Wajib Menggunakan Alat Keselamatan.

KODIM TANJAB, KUALA TUNGKAL – Bertempat di Aula Makodim 0419/Tanjab, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf M. Arry Yudistira, S.I.P, M.I.Pol, berikan Jam Komandan kepada seluruh personel Kodim 0419/Tanjab, Jum’at pagi (14/09/18).

Beberapa hal yang disampaikan Komandan Kodim 0419/Tanjab tentang penekanan Panglima Kodam II/Sriwjaya mencegah dan meminimalisir terjadinya laka lain yang menyebabkan kerugian personel baik yang meninggal dunia atau luka luka di lingkungan Kodam /Swj.

Dandim 0419/Tanjab dalam penyampaiannya mengatakan bahwa laka lalin yang dialami oleh Prajurit/PNS Kodam II/Swj umumnya disebabkan oleh faktor-faktor kurang pemahaman dan ketaatan terhadap ketentuan hukum dan peraturan berlalu lintas di jalan raya, kurang waspada saat mengemudi kendaraan roda dua maupun roda empat akibat kelelahan fisik dan instabilitas
kejiwaan atas permasalahan yang sedang dihadapi, adanya sikap arogan dan emosi yang mengakibatkan pengemudi kendaraan secara ugal-ugalan di jalan raya tanpa memikirkan dampak negatifnya, kondisi kendaraan yang tidak siap, adanya kerusakan pada kendaraan, melakukan modifikasi yang tidak sesuai standar sehingga membuat kendaraan tidak sesuai fungsinya, ujar Dandim.

Dandim juga menekankan kepada anggota Kodim 0419/tanjab rencanakan waktu yang tepat dan aman dalam bepergian menggunakan kendaraan dengan mempertimbangkan faktor cuaca serta lakukan cek kesiapan kondisi kendaraan berikut alkapnya. Senantiasa menjaga tata tertib, sopan santun dlm berlalu lintas dan batasi kecepatan kendaraan sesuai ketentuan serta jauhi sifat arogan dan ingin menang sendiri. Pastikan mengemudi/mengendarai ran dlm kondisi fisik dan mental yg prima, tdk mengantuk dan tdk dlm tekanan/di bawah pengaruh minuman beralkohol atauobat-obatan.

Dalam berkendaraan wajib menggunakan alat keselamatan, pengemudi SPM wajib menggunakan helm berstandar SNI. Kepada pengemudi/driver dan penumpang ran roda empat agar menggunakan safety bell/sabuk pengaman serta kepada pengemudi/driver utk tdk membawa kendaraan dengan
kecepatan tinggi.

Bila perjalanan keluar kota jarak jauh dalam berkendaraan roda empat wajib membawa dua org pengemudi/driver. Apabila dlm perjalanan pengendara ran merasa lelah dan mengantuk agar sgr
hentikan ran dan istirahat sejenak utk memulihkan kondisi badan, ucap Dandim.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdim Mayor Firdaus, Pabung Mayor Chb Indra Wijaya, para Danramil, Perwira Seksi serta prajurit dan PNS Kodim 0419/Tanjab. (PEN-0419).

Tags:
banner panglima