December 12, 2018

Dandim 0419/Tanjab Menghadiri Upacara Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Dandim 0419/Tanjab Menghadiri Upacara Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

KODIM TANJAB, KUALA TUNGKAL – Komandan Kodim 0419/Tanjab menghadiri Upacara pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Senin (01/10/18) pukul 07.30 WIB

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS, sedangkan bertindak selaku Komandan Upacara Kapten Inf Rohandy, sebagai Perwira Upacara Iptu Pol J. Sitepu. Sementara pembaca Ikrar Kesaktian Pancasila Ketua DPRD Faizal Riza, ST, MM dan pembaca UUD 1945 PNS dari Dinas Dikbud Kabupaten.

Adapun peserta upacara dari TNI, POLRI, PNS, PGRI, Pelajar, Mahasiswa serta Orwan, Ormas dan lainnya.

Tampak hadir dalam upacara tersebut anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib, Sekda Drs. H. Ambok Tuo, MM serta Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Tanjab Barat.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang ditetapkan pada tanggal 01 Oktober ini berdasarkan Keputusan Presiden nomor 153/ tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila.

Pada tahun 2018 ini merupakan peringatan yang ke 53 sejak tragedi G30S/PKI tahun 1965 lalu. Upacara tahun ini merujuk pada Surat Menteri Sekretaris Negara RI Nomor : 737/M.Sesneg/Set/TU.00.04.09/2018 tanggal 25 September 2018 diperingati dengan thema “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”.

Bupati H. Safrial usai memimpin upacara mengungkapkan bahwa Penetapan Hari Kesaktian Pancasila ini dilakukan pemerintah RI untuk memberikan pesan bagi seluruh rakyat Indonesia bahwa Pancasila sebagai sebuah ideologi negara tidak akan tergantikan dengan ideologi apapun.

“Maka yang tersirat dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kita bangsa Indonesia harus bertekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Usai upacara dilakukan penyerahan secara simbolis SK Naik Pangkat PNS di lingkungan Pemkab Tanjung Jabung Barat oleh Bupati DR. Ir. H. Safrial, MS.(PEN-0419)

Tags:
banner panglima