October 21, 2018

Sambut Hari Batik Nasional, Persit Kodim 0419/Tanjab Belajar Membatik.

Sambut Hari Batik Nasional, Persit Kodim 0419/Tanjab Belajar Membatik.

KODIM TANJAB, KUALA TUNGKAL  – Untuk menyambut momentum hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober, pengurus Persit KCK cabang XXVI Dim 0419/Tanjab, melakukan belajar membatik di Aula Makodim 0419/Tanjab,Jalan Beringin Kelurahan Tungkal III Kec.Tungkal Ilir Kab Tanjab Barat, Selasa (2/9).

Para ibu – ibu Persit mulai diperkenalkan budaya batik milik bangsa Indonesia. Ibu² Persit ini belajar membatik tulis secara manual, mulai mewarnai, mencanting, dan menggambar budaya lokal yang ada di Kabupaten Tanjab Barat.

Ibu-ibu Persit ini belajar membatik sengaja mengundang pelatih membatik yang ada di Kuala Tungkal, bu Hasnawati, bu Siti Rahmawati dan bu Farida yang merupakan pengrajin batik tulis di Kabupaten Tanjab Barat.

“Sebagai isteri prajurit, para ibu – ibu persit ini sengaja kami ajak untuk mengenal batik dan cara pembuatannya, karena batik adalah hasil kebudayaan bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh Dunia,” kata Ketua Persit Ny. Arry, disela belajar membatik.

Praktis aktifitas membatik yang diperagakan oleh bu Ratanwati dkk dengan menggunakan alat yang disebut canting, menarik perhatian dan antusiasme persit yang memperhatikannya dengan seksama. Tak hanya melihat para persit itu juga ditunjukkan langkah demi langkah dalam membuat batik, mulai dari melukis motif dan menjahitnya menjadi pakaian jadi.

Setelah melihat apa yang diperagakan oleh pemilik pelatih batik tulis itu, Para ibu persit diberikan kesempatan untuk meniru dan memperagakan cara membuat batik tulis kreasi mereka sendiri.

Para persit melukis diatas kain Muri berukuran 100 cm x 100 cm.

“Kain itu khusus kami sediakan sebagai media kreasi membatik bagi persit dengan tema keragaman kebudayaan dan hasil bumi yang mereka ketahui di Kabupaten Tanjab Barat.

Ibu – ibu Persit merasa senang dengan belajar membatik secara manual dengan melukis mewarnai dan mencanting. Dengan waktu singkat mereka mengaku sudah bisa mencanting dan mewarnai batik tulis bergambar bunga

“Sangat senang saat melukis dan mewarnai batik dengan gambar bunga, asyik banget, dan kami sudah bisa membantik,”ujar ibu² sambil tersenyum.

Hari Batik nasional merupakan hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO (PEN-0419).

Tags:
banner panglima