by

Babinsa 02/Tungkal Ulu Dampingi Petani Jemur Padi Hasil Panen.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Pendampingan yang diberikan oleh Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Kodim 0419/Tanjab kepada kelompok tani diwilayah desa binaan tidak hanya pada saat pengolahan lahan saja tapi sampai ke proses pengolahan gabah pun tetap di dampingi.

 

Seperti kegiatan yang dilakukan Serka Juhendri, Babinsa Desa Rawa Medang Kecamatan Batang Asam Kab. Tanjung Jabung Barat yang mendampingi anggota kelompok tani Karya Makmur 2 menjemur padi yang sudah dipanen dari lahan sawah mereka. Rabu (13/3/2019).

 

Proses penjemuran padi tersebut merupakan salah satu kegiatan yang harus dilaksanakan sebelum gabah siap dikonsumsi. Disamping itu juga dilakukan guna untuk menghindari gabah supaya tidak lembab, rusak dan busuk pada saat akan disimpan.

 

Marzuki, salah seorang anggota kelompok tani Karya Makmur 2 mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Babinsa yang sudah memberikan pendampingan, pengetahuan serta membimbing kelompok tani mereka.

 

Hal tersebut dilakukan mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan hingga masa panen seleai bahkan sampai pengolahan gabah.

 

Sementara itu Babinsa Desa Rawa Medang Serka Juhendri menegaskan dengan melakukan penjemuran, gabah tersebut tidak akan lembab, rusak, busuk dan menurun mutunya disamping itu gabah juga akan tahan lama dalam penyimpanan.

 

Lebih lanjut Serka Juhendri menambahkan semoga dengan koordinasi yang baik antara Babinsa, PPL dan para Petani dapat memaksimalkan produksi padi. (Pendimtjb)

Comment

News Feed