by

Babinsa Bersama Petani Membersihkan Gulma Disela Tanaman Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Pantau perkembangan tanaman padi yang masih berumur 30 hari, Babinsa Kelurahan Teluk Dawan Serda Eko Susilo membantu petani membersihkan gulma disela sela tanaman padi di lahan sawah milik Pak Poniman Dusun Pasir Putih RT 06 Kelurahan Teluk Dawan Kecamatan Sabak Barat Kab. Tanjab Timur. Rabu (20/3/2019).

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa ini merupakan salah satu upaya khusus pajale dalam mendukung program ketahanan pangan guna mewujudkan swasembada pangan diwilayah Koramil 419-01/Muara Sabak.

Serda Eko Susilo menjelaskan bahwa keberadaan gulma yang tumbuh disela sela tanaman padi dapat mengganggu dan menghambat pertumbuhan padi, itu dikarenakan tumbuhan gulma dapat menghabiskan nutrisi dari pupuk yang kita berikan lebih banyak daripada tanaman padi.

“Gulma sangat mengganggu pertumbuhan tanaman padi. Ketika kita memupuk tanaman padi, maka gulma inilah yang akan menghabiskan nutrisi pupuk yang kita berikan, akibatnya tanaman padi hanya mendapatkan sedikit nutrisi pupuk yang kita berikan.” Jelas Serda Eko Susilo.

Serda Eko Susilo mengharapkan dengan adanya pembersihan gulma ini dapat meningkatkan pertumbuhan ganaman padi sehingga menghasilkan panen padi yang maksimal.

Sementara itu pemilik lahan bapak Poniman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa atas pendampingan dan bantuannya membersihkan gulma dilahannya, semoga tanaman padi ini dapat tumbuh subur dan menghasilkan yang maksimal. Ucap Pak Poniman. (Pendimtjb)

Comment

News Feed