by

Babinsa Simbur Naik Membantu Petani Menjemur Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Sertu Meiswenri membantu petani menjemur padi mereka bertempat di Desa Simbur Naik Kecamagan Muara Sabak Timur Kab. Tanjung Jabung Timur. Minggu (17/3/2019).

Padi ini merupakan hasil panen dari laham sawah milik bapak Basri yang baru saja selesai dipanen. Hasil panen padi ini harus segera dijemur untuk mengurangi kadar air agar tidak mengalami pembusukan yang dapat merusak kualitas dan menurunkan harga jula padi.

“Hari ini saya membantu pak Basri menjemur padi hasil panen di halaman rumahnya. Padi harus dijemur untuk mengurangi kadar air agar tidak busuk dan rusak,” ucap Sertu Meiswenri.

Pantauan dilokasi, Sertu Meiswenri dan Pak Basri menjemur padi diatas terpal yang telah biasa digunakan untuk menjemur padi.

Menurut Pak Basri hal tersebut sangat praktis dan cocok. Terpal sangat cepat menyerap panas sehingga kalau padi dijemur diatas terpal tentunya padi akan cepat kering. Selain itu terpal juga praktis digunakan, jika hari hujan padi dapat dikumpulkan dan dipindahkan dengan cepat.

Pak Basri juga menyampaikan bahwa padi hasil panennya ini akan dijemur dalam beberapa hari kedepan. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar jagung miliknya ini benar benar dalam kondisi bagus saat akan disimpan ataupun saat dijual. (Pendimtjb)

Comment

News Feed