by

Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Selalu Ajak Petani Cek Pertumbuhan Jagung.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com –Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Serda Bujang melaksanakan kegiatan pemantauan perkembangan tanaman jagung sebagai wujud pelaksanaan Upaya Khusus (Upsus) Pajale dalam rangka peningkatan mutu swasembada pangan, khususnya tanaman jagung, Rabu (15/5/19).

Kegiatan yang dilakukan Babinsa ini direspon positif oleh warga, khususnya petani jagung dalam rangka tugas pendampingan pertanian sebagai upaya untuk mengawal kesuksesan program ketahanan pangan yang dicanangkan Pemerintah.

Dalam kesempatan ini, Serda Bujang yang merupakan Babinsa Desa Sungai Jambat di Kecamatan Sadu melaksanakan pemantauan dan pengecekan tanaman jagung seluas 1 hektare milik bapak M. Daikun anggota Kelompok Tani Tunas Baru Kec. Sadu Kab. Tanjab Timur.

Kegiatan pemantauan ini bertujuan untuk mengecek tanaman jagung milik petani untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung.

“Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan oleh Babinsa diwilayahnya masing masing. Sebab, cara ini merupakan suatu langkah efektif untuk bisa mengetahui setiap perkembangan tanaman khususnya jagung diwilayah Sadu ini.” Ujar Serda Bujang.

Dalam pemantauan tersebut, Babinsa Serda Bujang turun langsung bersama petani membantu merawat tanaman dengan ikut membersihkan gulma yang tumbuh dan mengganggu tanaman jagung.

“Penyiangan dan pembersihan gulma ini merupakan tindakan sederhana yang dapat dilakukan oleh petani guna membantu pertumhan dan perkembangan tanaman jagung,” kata Serda Bujang.

Sementara itu, bapak Daikun tampak bersemangat dan antusias membersihkan lahan jagung miliknya karena adanya Babinsa yang ikut membantu dan memotivasinya. (Pendimtjb)

Comment

News Feed