by

Koramil 419-01/Muara Sabak Terus Genjarkan Para Babinsanya Untuk Dampingi Para Petani.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Koramil jajaran Kodim 0419/Tanjab yang tersebar di wilayah Kabupaten Tanjab Barat dan Kabupaten Tanjab Timur terus melaksanakan upaya khusus pertanian di wilayah binaan masing masing. Hal ini dilakukan guna mewujudkan swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah.

Kali ini Koramil 419-01/Muara Sabak melalui Babinsa Desa Suka Maju Peltu M. Yusuf Eko. S melaksanakan pendampingan panen padi di lahan yang dikelola Kelompok Tani Karya Makmur 2, pimpinan Bapak Imam, Dusun Sidodadi Desa Suka Maju Kecamatan Geragai, Kab. Tanjab Timur, Rabu (12/06/19).

Di lahan seluas 2 hektar yang ditanami jenis padi varietas Lembu, panen padi dilakukan secara manual dengan bantuan para petani lainnya. Bahkan pada panen padi tersebut juga mendatangkan mesin perontok padi milik Kelompok Tani.

Peltu M. Yusuf Eko yang turun langsung mendampingi di lokasi, mengatakan produktivitas hasil panen kali ini mencapai 4,2 ton gabah per hektarnya, jadi bila luasan panen 2 hektar maka hasil panen petani diperkirakan mencapai 8,4 ton perhektar.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 419-01/Muara Sabak Kapten Inf Soeharwo, menuturkan aktifitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini dimulai sejak pengolahan lahan, pemilihan benih, masa tanam dan masa perawatan tanaman hingga masa panen tiba.

“Pengawalan dan pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan upaya khusus di bidang pertanian untuk membantu petani mewujudkan swasembada pangan. Bila hasil panen melimpah maka kesejahteraan petani akan bertambah, dan dengan sendirinya swasembada pangan akan tercapai,” ungkap Danramil. (Pendimtjb)

Comment

News Feed