by

Stelah Masa Panen Selesai, Babinsa Ramil 01/MS Dampingi Petani Menjemur Padi Hasil Panen.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Pendampingan yang diberikan oleh Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak kepada kelompok tani yang ada di wilayah desa binaan tidak hanya pada saat pengolahan saja, tapi sampai sampai proses pengolahan gabah pun tetap didampingi.

Seperti kegiatan yang dilakukan Sertu Bambang Kuswoyo, salah seorang Babinsa yang mempunyai tanggung jawab mendampingi kelompok tani Sumber Jaya di Desa Kota Harapan Kecamatan Sabak Timur Kab. Tanjab Timur, menjemur padi yang sudah dipanen dari lahan sawah mereka.

Proses penjemuran padi tersebut merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan sebelum gabah siap untuk dikonsumsi atau pun dijual. Hal ini berguna untuk menghindari gabah supaya tidak lembab, rusak dan busuk pada saat akan disimpan.

Ahmad, salah satu petani yang menjemur padinya, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI yang mana melalui Babinsa sudah memberikan pendampingan, pengetahuan serta membimbing kelompok tani mereka.

Hal tersebut dilakukan mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan hingga masa panen selesai bahkan sampai pengolahan gabah.

Babinsa Kota Harapan Sertu Bambang Kuswoyo menegaskan, dengan melakukan penjemuran gabah tersebut tidak akan lembab, rusak, busuk dan menurun mutunya, disamping itu juga gabah akan tahan lama dalam penyimpanan.

Lebih lanjut Sertu Bambang Kuswoyo menambahkan semoga dengan koordinasi yang baik antara Babinsa, PPL dan para petani dapat memaksimalkan hasil produk pertanian khususnya padi sehingga dapat ikut menyukseskan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Comment

News Feed