by

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Dampingi Petani Menjemur Padi Hasil Panen.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Kodim 0419/Tanjab Sertu Meiswendri melakukan pendampingan petani dengan menjemur padi milik bapak Rahman di Desa Simbur Naik Kecamatan Sabak Timur, Kab. Tanjab Barat, Rabu (11/09/19).

Pendampingan terhadap petani yang dilakukan oleh Babinsa bertujuan untuk meningkatkan produksi padi guna mensukseskan program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nasional.

“Proses pengolahan gabah menjadi beras melalui proses pemanenan, perontokan, pengeringan, penggilingan dan penyimpanan gabah di panen pada tingkat kadar air sekitar 22% sampai 25% basis tanah,” kata Sertu Meiswendri.

Gabah dengan kadar air demikian tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkelupas. Gabah perlu dikeringkan hingga kadar air berkisar 14% basis tanah.

Jika gabah tidak segera di keringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan dihasilkan, ditandai dengan warna beras yang tidak bagus,” tutupnya. (Pendimtjb).

Comment

News Feed