by

Babinsa Serda Gopal Dampingi Petani Cek Padi Jenis Inpara 3.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Gopal melaksanakan pengecekan tanaman padi jenis Inpara 3 milik bapak Wanto yang merupakan anggota kelompok tani Sidodadi di Desa Gemuruh, Kec. Tungkal Ulu, Kab. Tanjab Barat, Selasa (10/09/19).

Pengecekan yang dilakukan oleh Babinsa ini merupakan dalam rangka upaya khusus Pajale di wilayah Koramil 419-02/Tungkal Ulu guna mewujudkan swasembada pangan di wilayah Kabupaten Tanjab Barat.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa bersama petani melakukan penyiangan dan pembersihan tanaman rumput dan gulma yang mulai tampak tumbuh disela sela tanaman padi.

“Gulma adalah tanaman ataupun sejenis rumput liar yang tumbuh dan menggangguan tanaman padi dengan cara mengambil nutrisi dari pupuk ataupun unsur hara didalam tanah yang sangat dibutuhkan oleh tanaman padi,” jelas Serda Gopal.

Disampaikan Serda Gopal bahwa penyiangan yang dilakukannya ini adalah untuk membersihkan tanaman padi dari rumput dan gulma.

Ia berharap setelah membersihkan gulma, akar padi dapat tumbuh merata kedalam tanah dan tanaman padi dapat berkembang secara maksimal sehingga kedepannya mendapatkan hasil panen yang maksimal. (Pendimtjb).

Comment

News Feed