Home / BERITA / KEGIATAN KODIM 0419

Rabu, 11 November 2020 - 13:19 WIB

Optimalkan Deteksi Dini Bagi Apkowil, Kodim 0419/Tanjab Gelar Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Kodim 0419/Tanjab menggelar Kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial TW IV TA. 2020 dengan tokoh/ elemen masyarakat dan Keluarga Besar Tentara (KBT) bertempat di Makodim 0419/Tanjab, Jalan Beringin, Kel. Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Jambi, Rabu (11/11/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan mengambil Tema Melalui Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Kodim 0419/Tanjab “Mengoptimalkan Deteksi Dini, Cegah Dini, Temu Cepat dan Lapor Cepat Bagi Apkowil Melalui Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial”

Dengan adanya kegiatan ini di harapkan seluruh Babinsa yang berada di wilayah Teritorial Kodim 0419/Tanjab bisa menjalin Kerjasama dengan Mitra Karib yang berada di wilayah Hukum Kodim 0419/Tanjab.

Pada Kesempatan ini Komandan Kodim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P di wakili Kasdim Mayor Chb Indra Wijaya memberikan sambutan dan membuka kegiatan Bin peta jarak jaring Teritorial TW IV TA.2020.

“Kami Berharap dengan adanya kegiatan ini para Babinsa bisa menguasai wilayah secara menyeluruh, dan untuk para jaring-jaring elemen masyarakat, bisa membantu para Babinsa agar setiap ada permasalahan yang ada di Kelurahan atau Desa bisa di selesaikan dan Terkoordinasi dengan baik,” Kasdim.

“Peran Babinsa di wilayah sangatlah penting bagi masyarakat, untuk itu kepada Bapak- Bapak dan Ibu-Ibu yang menjadi Jaring para Babinsa yang berada di wilayah di harapkan bisa berkoordinasi dan menjalin kerjasama guna mewujudkan wilayah yang aman dan kondusif,” tandas Dandim dalam sambutannya yang dibacakan Kasdim.

BACA JUGA  Pasipers Kodim 0419/Tanjab Ikut Sambut Kedatangan Jama’ah Haji Asal Tanjab Barat.

“Komunikasi Sosial sebagai salah satu metode Binter (Pembinaan Teritorial) dilaksanakan secara terus menerus oleh Satuan Kowil maupun Aparat Kowil dalam rangka memperoleh kesamaan Visi, Misi dan Interpretasi antar segenap komponen Bangsa dalam pembinaan potensi sumber daya Nasional menjadi komponen cadangan dan komponen pendukung dalam sistem Pertahanan Negara”, tambahnya.

Ketua Tim Wasdal (Pengawasan dan Pengendalian) kegiatan Bin Peta Jarak Jaring Ter Kodam II/SWJ TW IV TA. 2020, Mayor Inf Achmad Zaki yang sehari – hari menjabat Pabandya Wanwil Sterdam II/SWJ mengatakan bahwa Kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial yang dilaksanakan sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya pada pasal 7 ayat 2 point B butir 8 menyatakan bahwa Tugas Pokok TNI dapat dilakukan dengan Operasi Militer Selain Perang (omsp) melalui “Pemberdayakan Wilayah Pertahanan dan Kekuatan Pendukungnya Secara Dini Sesuai Dengan Sistem Pertahanan Semesta”.

Pemberdayaan wilayah petahanan diselenggarakan secara dini dalam rangka mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan Pertahanan Negara. Untuk mewujudkan kondisi yang tangguh berupa kondisi dinamis masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari segala bentuk ancaman diantaranya Separatisme, Terorisme, Radikalisme, Konflik Komunal, Isu Politik, Provinsial dan Lokal.

BACA JUGA  Perkuat Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19, Dandim 0419/Tanjab Dampingi Kelompok Tani Tanam Padi Perdana

Maka setiap Aparat Komando Kewilayahan harus memiliki kemampuan “Temu Cepat dan Lapor Cepat”.

Kemampuan Apkowil dalam Temu Cepat dan Lapor Cepat merupakan salah satu bentuk dari kecepatan mendeteksi suatu permasalahan yang timbul di wilayah agar dapat diantisipasi dengan pengambilan keputusan yang tepat melalui kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial, ujanya.

Kegiatan pembinaan peta jarak jaring teritorial yang dilaksanakan oleh Satuan jajaran Kodam II/Swj merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan di wilayah seperti tersebut di atas.

Selain itu, kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial juga diharapkan dapat memberikan data yang Up to Date sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pimpinan serta dapat membentuk Jaringan/Network yang luas guna kepentingan pertahanan dan keamanan di wilayah.

Kegiatan yang dilaksanakan bersifat pembinaan secara terus menerus dengan melibatkan segenap komponen masyarakat sebagai Mitra Karib, sehingga mereka dapat memberikan data, keterangan atau informasi yang akurat dan bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan pembinaan teritorial di wilayah, pungkasnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Cegah Virus Corona, Kodim Tanjab Bersihkan Mako dengan Disinfektan.

BERITA

Pasipers Kodim 0419/Tanjab Hadiri Peresmian Kampung Anti Narkoba.

BERITA

Danramil 419-02/Tungkal Ulu Memimpin Langsung dalam Mensukseskan Program Pemerintah dibidang Ketahanan Pangan

BERITA

Putuskan Mata Rantai Covid-19, Persit Turut Sukseskan Sosialisasi Gebrak Masker TP. PKK Prov. Jambi di Kab. Tanjab Barat

BERITA

BANTUAN DARI “DHARMA PERTIWI PUSAT” YANG DISERAHKAN OLEH KETUA PERSIT KCK KOORCAB REM 043 LAMPUNG.

BERITA

Satgas TMMD Selain Laksanakan Program Kemanunggalan Juga Serap Aspirasi Warga.

BERITA

Kasdim Tanjab Pimpin Upacara Ziarah Dalam Rangka Peringatan Hari Juang TNI AD 2019.

BERITA

Anggota Satgas TMMD Bantu Warga Menjemur Pinang.