Babinsa Turut Hadir dalam Konvergensi Lintas Sektoral dan Lintas Program dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting Babinsa Koramil 419-07/Merlung Laksanakan Penyelidikan Keberadaan Gajah Liar di Wilayah Kecamatan Renah Mendaluh Pabungdim 0419/Tanjab Turut Hadir dalam Meriahkan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64 Kegiatan Jam Komandan Danramil 419-02/T.Ulu Diisi dengan Pengecekan HP Anggota Guna Mencegah Judi Online Danramil 419-03/Tungkal Ilir Laksanakan Pengecekan HP Prajurit

Home / Artikel / BERITA / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Rabu, 20 Desember 2023 - 19:02 WIB

Sosialisasi Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah: Upaya Menuju Lingkungan Bersih dan Sehat

Kuala tungkal, kodimtanjab.com – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting dalam pengelolaan sampah, Kopda Armadan Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir, Kelurahan Tungkal IV Kota aktif mengikuti kegiatan sosialisasi. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 20 Desember 2023, mulai pukul 08.30 hingga selesai di Aula Kantor Lurah Tungkal IV Kota, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Rabu (20/12/23)

Acara diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Bapak Lurah Tungkal IV Kota, H. Muhammad Arif, S. Sos. I, dan Babinsa Kelurahan Tungkal IV Kota, Kopda Armadan.

Bapak Suparjo, S.E., Kadis Lingkungan Hidup, menyampaikan sambutannya. Beliau menekankan bahwa kesadaran masyarakat terhadap sampah adalah kunci utama menuju kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Sampah menjadi hal yang menakutkan, tetapi sekarang masyarakat sudah mulai sadar bahwa sampah itu tidak baik. Apabila masyarakat mulai ribut atau sibuk dengan urusan sampah, berarti mereka mulai menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan, karena kebersihan itu sebagian dari iman,” ujar Bapak Kadis Lingkungan Hidup.

BACA JUGA  Melalui Gebrak Masker di Tanjab Timur Ketua Persit KCK Cab XXVI Dim 0419/Tanjab Koorcab Rem 042 PD II/Swj Dukung Pemerintah Cegah Covid-19

Beliau juga mengajak untuk melihat sampah bukan sebagai masalah, melainkan sebagai potensi penghasilan jika diolah dengan baik. Harapannya, pertemuan ini dapat memberikan manfaat yang baik dan mendorong motivasi masyarakat untuk peduli dengan lingkungan hidup.

Nara Sumber, Yudha Tryanto SIP.MH, Ketua Bank Sampah Induk Dream Jambi, memberikan materi tentang pengelolaan sampah. Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 telah mengatur pengelolaan sampah, termasuk larangan membakar sampah yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis.

“Pasal 12 ayat 1 juga menyebutkan bahwa setiap orang berkewajiban mengelola sampah rumah tangga dengan cara yang berwawasan lingkungan. Peraturan Daerah dapat menentukan sanksi pidana kurungan atau denda atas tindakan pembakaran sampah,” ungkap nara sumber.

BACA JUGA  Babinsa bersama bhabinkamtibmas komsos dengan warga binaan

Dalam kesempatan ini, masyarakat diajak untuk memulai mengumpulkan sampah. Bank Sampah, menurut Permen LHK No 14 tahun 2021, adalah fasilitas untuk mengelola sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, dan recycle). Bank Sampah bukan hanya sebagai sarana edukasi, namun juga sebagai perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah dan pelaksanaan ekonomi sirkular. Semua ini dapat dilakukan oleh masyarakat, badan usaha, dan/atau Pemda.

“Kami mengajak bapak ibu semua untuk memulai mengumpulkan sampah dan nantinya akan menjadi tabungan pribadi. Mari bersama-sama kita wujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan,” ajak Kopda Armadan.

Kegiatan sosialisasi ini berhasil menciptakan kesadaran dan pemahaman lebih dalam mengenai pengelolaan sampah. Harapannya, partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan terus meningkat, serta praktik 3R (reduce, reuse, dan recycle) menjadi gaya hidup yang diterapkan secara luas. (Pentjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Suka Maju Membantu Petani Menanam Benih Padi.

BERITA

Babinsa Laksanakan Patroli Karhutla di Wilayah Binaan

BERITA

Jalin Kebersamaan, Babinsa Komunikasi Sosial Dengan Warga Binaan.

BERITA

Pererat Silaturahmi Di Desa Binaan, Babinsa Lakukan Komunikasi Sosial.

Artikel

Pabungdim 0419/Tanjab. Di wakili Batiops Penghubung Peltu Sana Chandra Suseno Melaksanakan Rapat Koordinasi.

BERITA

Jalin Kebersamaan, Koptu Thomas Bantu Warga Binaan Membersihkan Dan Memasang Pagar Parit.

Berita Koramil

Tanpa Kenal Lelah Personel Gabungan Ke. Mendahara Ulu Laksanakan Patroli Cegah Karhutla

BERITA

Babinsa Bantu Petani Lakukan Pembersihan Lahan