Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Minggu, 10 Maret 2019 - 06:08 WIB

Dandim Tanjab Himbau Masyarakat Jangan Bakar Lahan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab ,Letkol Inf Arry Yudistira meminta warga di Kabupaten Tanjab Timur tidak membakar lahan. Pasalnya asap yang disebabkan pembakaran lahan sangat berbahaya bagi kesehatan dan mengganggu perekonomian masyarakat itu sendiri.

“Kemarin sore berdasarkan laporan dari Babinsa Serka H.Sitorus, pada hari Sabtu, tanggal 9 Maret 2019 pukul 17.30 Wib, terjadi Kebakaran lahan di Parit 5 Desa Remau Baku Tuo Kec Sadu Kab Tanjabtim.

Juga informasi dari data BMKG Balai Besar Wilayah II Stasiun Meteologi Klas I Sultan Thaha Jambi pada tanggal 09 Maret 2019 Pukul 16.00 WIB, dalam Koordinat -1.23071.104.36678 tingkat kepercayaan 72% Kec. Sadu Kabupaten Tanjab Timur, ujar Dandim.

BACA JUGA  Komsos Dengan Kelompok Tani Kelapa, Ini Penyampaian Babinsa.

Dari pengecekan yang dilaksanakan Babinsa, memang benar terjadi adanya kebakaran Lahan milik Tamrin, warga Desa Sungai Tering Kec Nipah Panjang Kab. Tanjab Timur dengan luas
lahan kurang lebih 2 (dua) Hektar. Sedangkan asal api masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian setempat, dan kondisi api pada Sabtu sore pukul 17.30 WIB sudah dinyatakan padam, kata Dandim

Untuk itu kembali saya tegaskan, agar semua pihak menjaga lingkungan dengan baik dan jangan menjadikan cuaca panas disalahgunakan untuk kegiatan melanggar hukum seperti pembakaran lahan, ujar Dandim.

Dandim juga menjelaskan, bahwa selama ini pihaknya selalu berupaya menghentikan kegiatan ilegal itu. Bahkan, sejumlah personil TNI baik dari Koramil dan Babinsa pun ikut turun langsung ke sejumlah lokasi untuk memadamkan titik api yang terbakar. Seperti yang terjadi di Desa Remau Baku Tuo Kec Sadu Kab Tanjabtim ini.

BACA JUGA  Bersama Petani, Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu lakukan Pengecekan Ke Lahan Padi.

“Saat ini kami selalu berkoordinasi, baik dengan BPBD, Dinas Kehutanan, Manggala Agni dan Polres Tanjab Timur untuk memantau kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Tanjab Timur,” jelasnya.

Hingga saat ini, pihak Kodim 0419/Tanjab selalu mendukung penuh tim gabungan itu untuk memadamkan api yang terjadi di lahan msyarakat yang terbakar. Dan juga akan menindak tegas dan memberikan sanksi bagi masyarakat yang kedapatan atau dengan sengaja melakukan pembakaran, pungkas Perwira Akmil 2000 ini. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Bersama Warga Gelar Patroli Cegah Karhutla

Berita Koramil

Dampingi Petani Panen Padi Secara Manual, Babinsa Sangat Bersemangat.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Turut Mendampingi Petani Panen Padi.

Berita Koramil

Bangkitkan Semangat Bergotong Royong, Koramil Nipah Panjang Gelar Jum’at Bersih Pelebaran Jalan Desa.

BERITA

Pendataan Bagi Warga yang Masuk dan Keluar Kel. Pelabuhan Dagang Guna Mengantisipasi Penyebaran Virus Covid-19

BERITA

HUT TNI Ke-77, Kodim 0419/Tanjab Rehab Rumah Tidak Layak Huni

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Sertu P. Simatupang Komsos Dengan Warga Binaan.

BERITA

Manfaatkan Waktu Libur, Sertu Juli Darsa Anjangsana Dengan Warga Binaan.