Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Kamis, 21 Maret 2019 - 07:21 WIB

Babinsa Serda Daryun Bantu Poktan Membajak Lahan Sawah Dengan Traktor Roda 2.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Setelah panen padi selesai, para Babinsa Kodim 0419/Tanjab mulai terjun lagi kesawah, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Daryun yang membantu anggota kelompok tani Margo Utomo untuk membajak lahan persawahan milik bapak Lasmin dengan menggunakan mesin traktor di Desa Sri Agung Kec. Batang Asam Kab. Tanjab Barat. Rabu (20/3/2019).

BACA JUGA  Babinsa Laksanakan Sosialisasi Pencegahan Karhutla Kepada Warga.

Saat ditemui dilokasi kegiatan, Serda Daryun mengungkapkan, pembajakan areal sawah ini dilakukan sebagai upaya khusus percepatan tanam periode MT-II diwilayah binaannya.

Lebih lanjut Serda Daryun mengatakan bahwa pengolahan dengan menggunakan mesin traktor bukanlah hal baru dalam pengolahan lahan sawah untuk menggemburkan tanah dalam waktu singkat dan biaya yang relatif lebih murah.

“Dengan menggunakan hand tractor ini, ada sejumlah keuntungan yang didapat, diantaranya gulma dan rumput liar akan mati kemudian membusuk menjadi humus sehingga dapat menambah kesuburan tanah,” terangnya.

BACA JUGA  Babinsa Dampingi Petani Pantau Pertumbuhan Jagung Di Wilayah Binaan

“Tidak kalah pentingnya, pada pengolahan lahan sawah perlu diperhatikan juga perbaikan pematang sawah dan saluran air untuk memudahkan pengaturan irigasi pertanian sehingga akan mempermudah dalam perawatan tanaman padi,” pungkas Serda Daryun. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Ajak Warga Binaan Lakukan Pengecekan Embung

Artikel

Babinsa 419-02/Tungkal Ulu. Menghadiri kegiatan Penyerahan Bibit Oleh Bupati Tanjab Barat

BERITA

Babinsa Aktif Sosialisasikan Pencegahan Karhutla

Berita Koramil

Serda Mujais Selaku Babinsa Bantu Petani Merontokan Padi Hasil Panen.

BERITA

Babinsa Monitoring Penyaluran BLT Di Wilayah Desa Binaan

BERITA

Babinsa Desa Mekar Jati Bantu Warga Binaan Panen Padi.

BERITA

Babinsa Rutin Patroli Karhutla Bersama Warga.

Berita Koramil

Babinsa Serma Arafik Bersama Petani Pantau Perkembangan Padi Varietas Inpara 3.