Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Selasa, 25 Juni 2019 - 02:16 WIB

Danramil 419-01/Muara Sabak Ikuti Rangkaian Kegiatan Festival Sumbun Tahun 2019 .

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim 0419/Tanjab yang diwakili Danramil 419-01/Muara Sabak Kapten Inf Soeharwo menghadiri kegiatan Festival Sumbun Tahun 2019 yang dilaksanakan di Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kab. Tanjab Timur, Senin (24/06/19).

Seperti yang diketahui, Festival Sumbun merupakan kegiatan tahunan yang digelar di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kegiatan ini disebut dahulunya merupakan tradisi masyarakat Suku Duano yang banyak tinggal di tepi sungai dan laut, yang memiliki tradisi menangkap atau memutik sumbun untuk disantap.

Sumbun sendiri merupakan sejenis kerang yang menjadi santapan favorit masyarakat Duano di Kuala Jambi. Kebiasaan menangkap sumbun inilah yang terus dilestarikan dan diperkenalkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur.

BACA JUGA  Sertu Sulaiman laksanakan komsos bersama warga binaan

Bupati Tanjab Timur, H. Romi Hariyanto, SE, yang juga hadir pada Festival Sumbun tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan menangkap sumbun ini tidak ada di wilayah lain, tapi ada hanya di Kecamatan Kuala Jambi, Kab. Tanjab Timur.

“Acara ini merupakan tradisi Kabupaten Tanjab Timur yang tidak semuanya dimiliki oleh kabupaten lain. Mancing sumbun ini merupakan kegiatan spesifik di Tanjab Timur. Jadi marilah kita syukuri dan kita jaga,” kata Bupati.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Bupati mengatakan, walaupun Kabupaten Tanjabtim memiliki keterbatasan, namun ke depan Kabupaten Tanjabtim optimis bisa setara dengan Kabupaten lain yang ada di Provinsi Jambi.

BACA JUGA  Waspada covid, Babinsa bersama satgas lakukan pengecekan kepada penumpang kapal

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan, dan meminta kepada masyarakat Kecamatan Kuala Jambi agar memperhatikan dan selalu menerima tamu dari luar dengan menunjukan keramahan.

Tampak hadir juga dalam Festival Sumbun ini Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli bidang Politik dan Pemerintahan Arsap, S.Pt, M.Si., Wakil Bupati H. Robby Nahliyansah, Kapolres AKBP Agus Desri Sandi, S.IK. MM, para Kepala OPD, Kapolsek Kuala Jambi, Anggota Koramil 01/Muara Sabak, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Kuala Jambi. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Lakukan Monitoring Tanaman Padi.

BERITA

Babinsa Desa Tanjung Bojo Bantu Warga Binaan Menjemur Padi.

Artikel

Bersama Masyarakat. Babinsa Koramil 419-01/MS Laksanakan Komsos.

BERITA

HUT TNI Ke-78, Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serahkan Satu Unit Rumah Di Desa Lubuk Lawas.

BERITA

Babinsa Bersama Warga Pantau Wilayah Rawan Karhutla

BERITA

Babinsa Bantu Warga Binaan Jemur Padi.

BERITA

Serda M.Yusuf Dampingi Petani Meninjau Tanaman Padi.

BERITA

Songsong HUT RI Ke-78, Babinsa Latih Paskibra Di Tingkat Desa