Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Sabtu, 14 September 2019 - 06:41 WIB

Bintara Pembina Desa Serda Eko Susilo Membantu Petani Menjemur Gabah Hasil Panen.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Muara Sabak, Serda Eko Susilo membantu petani menjemur gabah hasil panen di Dusun Pasir Putih RT. 06 Kelurahan Teluk Dawan, Kec. Muara Sabak Barat, Kab. Tanjab Timur, Sabtu (14/09/19).

Serda Eko Susilo mengatakan, tujuan dilakukan penjemuran ini adalah untuk menjaga agar gabah kering dari pembusukan, sehingga dapat bertahan lebih lama saat disimpan sebelum digiling atau dijadikan bibit untuk masa tanam berikutnya.

BACA JUGA  Babinsa Dampingi Warga Meninjau Pertumbuhan Tanaman Jagung

“Tempat penjemuran pun harus di kondisi kering, sinar mataharinya cukup dan kalau bisa beralaskan lantai atau bisa ditambah terpal agar bila terkena matahari menjadi lebih panas,” ujarnya.

Dalam proses ini, gabah dapat dijemur sebanyak 3 hari berturut turut. Hal ini dilakukan apabila cuaca sedang mendung sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan proses penjemuran.

BACA JUGA  Upaya Hanpangan, Babinsa Dampingi Penjemuran Pasca Panen.

“Proses penjemuran ini bisa dilakukan selama 3 hari berturut turut tergantung cuaca. Usahakan saat menjemur gabah harus di tempat yang lapang, supaya gabah mendapat sinar matahari yang cukup dan keringnya lebih sempurna,” jelas Serda Eko Susilo. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Secara Virtual, Dandim 0419/Tanjab Bersama Anggota Ikuti Grand Launching ETWPAD

Berita Koramil

Bersama Pemuda, Babinsa Ramil 03 Himbau Jaga Kesehatan Karena Masih ada Penyakit DBD di Tengah Pandemi

Berita Koramil

Babinsa 03/Tungkal Ilir Pantau Kedatangan Penumpang Kapal KMP Sembilang.

BERITA

Serma Juhendri Dampingi Petani Di Desa Binaan

BERITA

Serda Sanu Rizal Gelar Patroli Karhutla Bersama Warga

Berita Koramil

Kampanye Karhutla, Babinsa Bukit Bakar Gencar Sosialisasi.

BERITA

Babinsa Silaturahmi Dengan Warga Desa Binaan

Berita Koramil

Babinsa Koptu M. Afrizal Mendampingi Petani Menanam Padi.