Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / BERITA / Berita Koramil / KEGIATAN KODIM 0419

Jumat, 12 Maret 2021 - 10:17 WIB

Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos, Upaya Kodim Tanjab Bantu Ekonomi Petani

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Sebagai upaya untuk membantu mengatasi ekonomi petani di masa pandemi. Kodim 0419/Tanjab menggelar pelatihan pembuatan pupuk Kompos kepada Tamtama Remaja Kodim 0419 Tanjab, yang dilaksanakan di Desa Dataran Kempas Kec. Tebing Tinggi Kab. Tanjab Barat.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut Kodim 0419/Tanjab menggandeng Kelompok Tani Kompos Mekar Jaya RT. 12 Desa Dataran Kempas Kec Tebing Tinggi. Sedang pemateri pembuatan pupuk kompos dari Direktur Kelompok Tani Mekar Jaya, Bpk Marsono.

Penyuluhan pembuatan pupuk kompos dilaksanakan mengingat harga pupuk sangat tinggi dipasaran, sehingga banyaknya masyarakat tidak mampu untuk membeli dan hanya menanam sebagian dari lahan yang dimiliki.

BACA JUGA  Babinsa Tungkal V Jalin Komunikasi Sosial Dengan Warga Binaan.

Demikian disampaikan Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, di Makodim -0419/Tanjab, Jalan Beringin, Kel. Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Jambi, pada Jum’at (12/3/2021).

Dikatakan juga bahwa, bahan – bahan pembuatan pupuk organik tersebut diantaranya POC (pupuk organik cair), eco emzyme, biochar dan pestisida nabati.

“Keempat pupuk tersebut adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti arang, serabut kelapa, air kelapa, dedaunan, em4 (bakteri baik buat pertumbuhan tanaman), dan tebu. Prosesnya di fermentasi setelah 1 minggu baru bisa kita gunakan,” jelas Dandim.

Lanjutnya mengatakan, pupuk ini bisa kita gunakan pada tanaman dan tumbuhan padi, sayuran – sayuran dan tumbuhan lainnya. Hal ini adalah suatu yang bisa menguntungkan bagi petani dengan biaya yang sangat murah meriah.

BACA JUGA  Babinsa Dampingi Pemdes Salurkan BLT Diwilayah Binaan

Dandim juga memberikan motivasi kepada para Tamatama Remaja untuk mengajak masyarakat memanfaatkan alam sekitar. Berikan ilmu yang telah dikuasai supaya bermanfaat bagi orang banyak, bahan dari pada pupuk ini dapat kita temukan di sekeliling kita dan kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

“Manfaatkan serta serap betul – betul ilmu yang didapat dari penyuluhan hari ini,” pungkas Dandim.

Terpantau dilapangan para Tamtama remaja tersebut saat mengikut pelatihan pembuatan kompos didampingi oleh Babinsa wilayah Kec. Tebing Tinggi dipimpin Serma Ari Purwanto. (Pentjb/red).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Keluhan Anak SMP akan Sistem Pembelajaran Online di Patahkan dengan Motivasi yang diberikan Koptu Tegus S

BERITA

HUT TNI Ke-77, Kodim 0419/Tanjab Rehab Rumah Tidak Layak Huni

Berita Koramil

Serda Mujais Afarius Sebagai Babinsa Membantu Petani Dalam Menanam Padi.

Berita Koramil

Sebagai Pendamping, Babinsa Bersama Petani Olah Lahan Sawah.

Berita Koramil

Babinsa Tanjung Pasir Dampingi Anggota Poktan Aman Karya Cek Kondisi Padi Yang Sudah Menguning.

BERITA

Cegah Narkoba, Korem 042/Gapu Tes Urine Dadakan.

BERITA

Babinsa Ingatkan Warga Binaan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

BERITA

Sertu Saharudin Dampingi Petani Meninjau Jagung