Babinsa Desa Mekar Alam Dampingi Petani Cek Tanaman Padi. Babinsa Teluk Kijing Komsos Dengan Perangkat Desa. Gunakan Jonder, Babinsa Lagan Ulu Bantu Warga Binaan Membajak Sawah. Kodim 0419/Tanjab Gelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme Dan Sparatisme Babinsa Tanjung Tayas Sosialisasi Karhutla Kepada Warga Binaan.

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Sabak

Kamis, 3 Desember 2020 - 14:05 WIB

Babinsa Koramil 01 Muara Sabak cek lahan jagung bersama petani.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com -Upaya anggota TNI-AD untuk mendukung ketahanan pangan dengan melakukan pendampingan pada petani terus dilakukan. Pendampingan yang dilakukan pun tidak hanya pada petani padi tapi juga petani palawija yang menanam jagung.

Hal itu seperti ditempuh Sertu Arapik Rizal anggota Babinsa Koramil 01/Muara Sabak yang melaksanakan pendampingan ke petani dengan melakukan pengecekan persiapan panen jagung di lahan milik Amin bapak Absori di Dusun Sido mulyo Desa kota Baru Kec. Geragai. Kamis (03/12/2020).

Babinsa Dusun Sido mulyo Desa kota Baru Koramil 01/Muara Sabak Sertu Arapik Rizal, mengaku sudah menjadi tugas keseharian anggota TNI untuk mendampingi petani dalam menggarap lahan, menyiangi tanaman, melakukan penyemprotan hama, pengecekan dan pemanenan tanaman.

BACA JUGA  Mewakili Danramil Serda Ambri Hadiri Seleksi/Lomba OSN, O2SN, FLS2N dan FASI Tingkat Sekolah Dasar.

Karena di Dusun Sido mulyo Desa kota Baru ada salah satu petani, yakni Absori yang menanam jagung di lahan 1 hektar dan siap panen, maka saya berusaha melakukan pengecekan tanaman sebelum dipanen. Apakah buah jagung sudah siap dipanen atau belum,” katanya.

Selain itu, imbuhnya, pendampingan ke petani jagung dilakukan guna memastikan apakah tanaman jagung yang siap panen tersebut aman dari hama. Pengecekan secara rutin sebelum panen akan bisa mendeteksi hama yang bakal menyerang tanaman.

BACA JUGA  Untuk Menyambut Penerapan New Normal Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak bersama Unsur Forkopincam Kec. Mendahara Ulu Melaksanakan Kegiatan Himbauan Kepada Masyarakat

“Jika sampai tidak ada pendampingan dengan tindakan pengecekan tanaman dari awal menanam, penyiangan dan siap panen, dikhawatirkan hama yang menyerang tanaman jagung tidak terdeteksi sehingga menyebabkan gagal panen,” katanya.

Petani pemilik lahan jagung di Dusun Sido mulyo Desa kota Baru sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil 01/Muara Sabak yang telah memberi arahan dan bimbingan. Dengan pendampingan yang telah dilakukan petani jadi tahu cara bertani yang baik dan benar. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Danrem 042/Gapu Terkesan Keharmonisan Warga Kab. Tanjab Timur.

BERITA

Babinsa dan bhabinkamtibmas komsos dengan warga binaan

Berita Koramil

Anggota Koramil 01/Muara Sabak Membersihkan Pangkalan Kantor Koramil.

BERITA

TNI – Polri Bersama Aparat Pemerintah Kecamatan Mendahara Ulu Patroli Gabungan Tentang Kepatuhan Masyarakat Pakai Masker.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Laksanakan Patroli Terpadu Karhutla.

BERITA

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu tidak Bosan-bosannya Melaksanakan Pemantauan Posko Relawan

Berita Koramil

Babinsa Suka Maju Membantu Petani Menanam Benih Padi.

Berita Koramil

Babinsa Pematang Rahim, Pelda Lianri Lubis Hadiri Pembukaan Jambore Ranting Mendahara Ulu Ke-3.