Dandim 0419/Tanjab Saksikan Penyembelihan Hewan Qurban Pada Hari Raya Idul Adha 1445 H Dandim 0419/Tanjab laksanakan Sholat Idul Adha 1445 H / 2024 M bersama Forkopimda Tanjab Barat Pastikan Kestabilan Harga Pangan Menjelang Idul Adha, BatiOps Pengubung Turut Hadiri GPM Babinsa Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Paskibraka di SMPN 3 Kuala Tungkal Jalin Silaturahmi, Pangdam II/Swj Kunjungi PT. Dexa Medica Palembang

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Kamis, 21 Maret 2019 - 07:21 WIB

Babinsa Serda Daryun Bantu Poktan Membajak Lahan Sawah Dengan Traktor Roda 2.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Setelah panen padi selesai, para Babinsa Kodim 0419/Tanjab mulai terjun lagi kesawah, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Daryun yang membantu anggota kelompok tani Margo Utomo untuk membajak lahan persawahan milik bapak Lasmin dengan menggunakan mesin traktor di Desa Sri Agung Kec. Batang Asam Kab. Tanjab Barat. Rabu (20/3/2019).

BACA JUGA  Personel Koramil 419-03/Tungkal Ilir Bantu Warga Memadamkan Kebakaran Pemukiman Penduduk.

Saat ditemui dilokasi kegiatan, Serda Daryun mengungkapkan, pembajakan areal sawah ini dilakukan sebagai upaya khusus percepatan tanam periode MT-II diwilayah binaannya.

Lebih lanjut Serda Daryun mengatakan bahwa pengolahan dengan menggunakan mesin traktor bukanlah hal baru dalam pengolahan lahan sawah untuk menggemburkan tanah dalam waktu singkat dan biaya yang relatif lebih murah.

“Dengan menggunakan hand tractor ini, ada sejumlah keuntungan yang didapat, diantaranya gulma dan rumput liar akan mati kemudian membusuk menjadi humus sehingga dapat menambah kesuburan tanah,” terangnya.

BACA JUGA  Babinsa Desa Kempas Jaya Komsos Dengan Warga Binaan.

“Tidak kalah pentingnya, pada pengolahan lahan sawah perlu diperhatikan juga perbaikan pematang sawah dan saluran air untuk memudahkan pengaturan irigasi pertanian sehingga akan mempermudah dalam perawatan tanaman padi,” pungkas Serda Daryun. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Dampingi Petani Diwilayah Binaan

Berita Koramil

Rangkul MPA, Babinsa Parit Culum II Lakukan Patroli Karhutla dab Sosialisasi.

Berita Koramil

Babinsa Selalu Menyempatkan Diri Untuk Berbaur Dengan Warga Binaan.

BERITA

Babinsa Pantau Pertumbuhan Padi Bersama Poktan Wilayah Binaan.

BERITA

Antisipasi Banjir, Babinsa Lakukan Pengecekan Debit Air Sungai.

BERITA

Kodim 0419/Tanjab bersama PIS Kuala Tungkal Bantu Bedah Rumah Warga Tak Mampu.

Berita Koramil

Serda Ade Putra Sebagai Babinsa Membantu Petani Memanen Padi Varietas Inpara 3.

BERITA

Dalam Menghadapi Wabah Pendemi Covid-19 untuk Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan Ucap Serda Bujang sebagai Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang