Dandim 0419/Tanjab Kunjungi RSUD Suryah Khairuddin Merlung. Babinsa Desa Pinang Gading Hadiri Musyawarah Desa. Babinsa Rantau Makmur Dampingi Petani Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi. Manfaatkan Warung, Babinsa Rantau Badak Lamo Komsos Dengan Warga Binaan. Babinsa Dusun Kebun Dampingi Petani Menjemur Padi.

Home / BERITA / Kegiatan Dandim

Sabtu, 8 Agustus 2020 - 23:19 WIB

Dandim 0419/Tanjab Meninjau Wilayah Rawan Karhutla Tanpa Adanya Embung

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Mengantisipasi berlangsungnya musim kemarau dikhawatirkan dapat memperluas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah. Terlebih, ketersediaan air di sejumlah embung dan sumur-sumur bor dekat wilayah disinyalir belum sepenuhnya dapat diandalkan dalam penanggulangan Karhutla bila nanti terjadi musim kemarau.

Hal tersebut dikatakan Dandim 0419/Tanjab saat meninjau Lokasi Rawan Kebakaran di Dusun 2 Sungai Kapas Desa Kabuhan Pering Kec. Sadu Kab. Tanjab Timur bersama Kapolres Tanjab Timur Deden Hidayatullah yang di mana di Lokasi ini kurangnya ketersedian Air bahkan tiadanya embung, Sabtu(08/08/2020).

Dandim 0419/Tanjab Letkol Erwan mengakui meluasnya karhutla belum sepenuhnya dapat dibarengi dengan ketersediaan pasokan air seperti embung yang harusnya ada. Padahal, air diklaim menjadi instrumen utama dalam penanggulangan karhutla.

Namun Ditengah Pandemi, Dandim Tanjab Cegah Karhutla Secara Optimal. Pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap aktivitas setiap unsur masyarakat. Pemberlakuan physical distancing demi menjaga keselamatan dan kesehatan setiap individu adalah hal yang tidak dapat ditawar, meski membatasi banyak kegiatan.

BACA JUGA  Pengecekan Kesiapan Anggota Satgas Sebelum Bekerja.

Dan segala keterbatasan tersebut tidak menghentikan efektivitas koordinasi dengan Stakeholder serta semua komponen masyarakat untuk memberikan yang terbaik agar desa-desa yang menjadi tanggung jawab dalam Pembinaan Teritorial Kodim 0419/Tanjab terhindar dari kebakaran.

Erwan menyebut, satu-satunya sumber air dapat di dapatkan dari embung dan sumur bor. Air hujan yang selama ini ada, kata dia, ditampung di dalam embung dan sumur-sumur bor yang ada sehingga ketika karhutla terjadi, air-air tersebut dapat dimanfaatkan.

Ketiadaan embung di Lokasi Rawan terjadinya Karhutla adalah suatu hal yang sangat buruk, embung yang dapat mengakses wilayah-wilayah yang sulit terjangkau. Untuk itu, pihaknya menegaskan, agar pihak Perusahaan untuk membangun embung dengan tempat yang di sesuaikan.

Dia menjelaskan, mengantisipasi terjadinya Karhutla pada 2020, Babinsa bersama tim patroli terpadu juga aktif memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai upaya pencegahan Karhutla. “Tim patroli terpadu ini diterjunkan di desa-desa rawan karhutla sehingga segera mendeteksi secara dini setiap karhutla di lapangan dan akan segera langsung menanggulangi kebakaran yang terjadi dengan peralatan yang dibawanya,” kata Erwan.

BACA JUGA  Dibuka Penerimaan Calon Perwira Prajurit Karier TNI TA 2021.

Erwan menegaskan, strategi pengendalian karhutla mengalami perubahan dengan memprioritaskan upaya pencegahan dan pemadaman secara dini. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah terjadinya karhutla di tiap titik Api, salah satunya adalah melalui Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla.

Dikatakan, patroli terpadu adalah salah satu upaya penting dengan melibatkan peran serta para pihak meliputi Manggala Agni, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Erwan menambahkan, patroli terpadu ini merupakan implementasi arahan Presiden Republik Indonesia pada Rakornas Karhutla 2020 untuk memprioritaskan pencegahan dan melihat potensi munculnya titik panas di sejumlah wilayah rawan.

“Tim patroli akan mendatangi masyarakat desa pada berbagai kesempatan. Pesan dan ajakan untuk mencegah karhutla disampaikan melalui aksi anjangsana ke rumah, kebun, ladang, warung, bahkan masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli mereka”, tambah Erwan. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Pabung Dim 0419/Tanjab Hadiri Penyerahan Secara Simbolis Buku Tabungan kepada Keluarga Penerima Manfaat JPS

BERITA

Pantau Tempat Keramaian, Personel Jajaran Koramil 04/Nipah panjang Ingatkan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan.

BERITA

Personel Keslap Satgas TMMD Beri Layanan Kesehatan dan Obat Gratis.

BERITA

Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19, Babinsa Koramil Tungkal Ilir bersama Satgas Covid -19 Bagikan Masker.

BERITA

Sinergitas antara Babinsa Koramil 419-01Muara Sabak, BKTM dan Kades di Setiap Kegiatan di Desa Tidak Terkecuali Penyaluran BLT-DD Tahap 2 ini

BERITA

Dandim Tanjab Tinjau Pemungutan Suara Pemilu 2019 di Lapas Narkotika Klas III Muara Sabak.

BERITA

Cegah Hama,babinsa koramil 04/Nipah Panjang dan petani cek tanaman jagung.

BERITA

Tidak Bosan-bosannya Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang dalam Komsos Menghimbau kepada Warga Binaan Agar Selalu Beraktivitas dengan Mematuhi Protokol Kesehatan