Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Selasa, 25 Juni 2019 - 02:16 WIB

Danramil 419-01/Muara Sabak Ikuti Rangkaian Kegiatan Festival Sumbun Tahun 2019 .

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim 0419/Tanjab yang diwakili Danramil 419-01/Muara Sabak Kapten Inf Soeharwo menghadiri kegiatan Festival Sumbun Tahun 2019 yang dilaksanakan di Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kab. Tanjab Timur, Senin (24/06/19).

Seperti yang diketahui, Festival Sumbun merupakan kegiatan tahunan yang digelar di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kegiatan ini disebut dahulunya merupakan tradisi masyarakat Suku Duano yang banyak tinggal di tepi sungai dan laut, yang memiliki tradisi menangkap atau memutik sumbun untuk disantap.

Sumbun sendiri merupakan sejenis kerang yang menjadi santapan favorit masyarakat Duano di Kuala Jambi. Kebiasaan menangkap sumbun inilah yang terus dilestarikan dan diperkenalkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur.

BACA JUGA  Kuatkan silahturahmi, babinsa komsos dengan warga binaan.

Bupati Tanjab Timur, H. Romi Hariyanto, SE, yang juga hadir pada Festival Sumbun tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan menangkap sumbun ini tidak ada di wilayah lain, tapi ada hanya di Kecamatan Kuala Jambi, Kab. Tanjab Timur.

“Acara ini merupakan tradisi Kabupaten Tanjab Timur yang tidak semuanya dimiliki oleh kabupaten lain. Mancing sumbun ini merupakan kegiatan spesifik di Tanjab Timur. Jadi marilah kita syukuri dan kita jaga,” kata Bupati.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Bupati mengatakan, walaupun Kabupaten Tanjabtim memiliki keterbatasan, namun ke depan Kabupaten Tanjabtim optimis bisa setara dengan Kabupaten lain yang ada di Provinsi Jambi.

BACA JUGA  Untuk Mengetahui Pertumbuhan Tanaman Padi Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Rutin Melakukan Pengecekan

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan, dan meminta kepada masyarakat Kecamatan Kuala Jambi agar memperhatikan dan selalu menerima tamu dari luar dengan menunjukan keramahan.

Tampak hadir juga dalam Festival Sumbun ini Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli bidang Politik dan Pemerintahan Arsap, S.Pt, M.Si., Wakil Bupati H. Robby Nahliyansah, Kapolres AKBP Agus Desri Sandi, S.IK. MM, para Kepala OPD, Kapolsek Kuala Jambi, Anggota Koramil 01/Muara Sabak, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Kuala Jambi. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Serma Edi Sofian Hadiri Musrenbangdes Teluk Sialang TA. 2021.

Berita Koramil

Serda Bambang Kuswoyo dan Petani Cek Bibit Padi Yang Akan Ditanam.

Berita Koramil

Babinsa Sertu Muhamad Bantu Petani Dalam Mengolah Lahan Sawah.

Berita Koramil

Babinsa Ikut Membantu Menanam Padi Dilahan Kelompok Tani Makmur Jaya.

BERITA

Babinsa Lakukan Pengecekan Kepada Penumpang Kapal

Berita Koramil

Babinsa 01/Muara Sabak Bersama Ketua Poktani Tunas Muda Monitoring Tanaman Jagung.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/TI Jalin Komunikasi Sosial Dengan Warga Binaan.

Berita Koramil

Babinsa Pelda Haryadi Bersama Poktan Cek Tanaman Padi.