Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Rabu, 27 Januari 2021 - 13:19 WIB

Dengan Pendampingan Babinsa, Panen Jagung Memuaskan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Serda Saharudin adalah anggota Babinsa Koramil 04/Nipahpanjang wilayah Kodim 0419/Tanjab. Dalam tugasnya, Serda Saharudin ini membina wilayah Desa Airhitam laut, Kec. Sadu, Kab Tanjabtim. Satu di antara program binaan yang dilaksanakannya yakni turut menyukseskan swasembada pangan dengan mendampingi para petani di desa tersebut, di antaranya dalam hal bertanam jagung.

Dalam panen jagung, misalnya. Serda Saharudin ikut membantu petani saat memanen jagung di Desa Airhitam Laut, Rabu (27/1/2021). Usaha keras yang dilakukan para petani jagung ini akhirnya menuai hasil yang diharapkan.

Serda Saharudin membantu para petani yang tergabung dalam Poktan Makmur memanen jagung di atas lahan milik Mustakim (45). Terlihat Serda Saharudin usai memetik buah jagung dan mengumpulkan hasilnya buahnya bersama Petani. Menurut Serda Saharudin, dirinya membantu para petani di desa tersebut saat panen jagung ini menjadi sumber motivasi juga bagi para petani lainnya.

BACA JUGA  Tim Pengawasan Pembinaan Doktrin Mabes AD Kunjungi Kodim 0419/Tanjab.

“Panen jagung kali ini hasilnya sangat memuaskan. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi petani dan masyarakat lainnya untuk lebih giat dan berpartisipasi dalam membantu pemerintah menyukseskan program ketahanan pangan nasional yang saat ini tengah pandemi,” ujarnya.

Sementara pemilik lahan, Mustakim, mengatakan pendampingan yang dilakukan Serda Saharudin ini memberikan dampak yang positif di desa yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Pihaknya meminta kerja sama seperti ini dapat dilanjutkan untuk menciptakan ketahanan pangan dan kemandirian bagi masyarakat.

BACA JUGA  Tingkatkan ketahanan pangan, babinsa dan petani melakukan pengecekan bibit padi yang akan ditanam.

Sementara itu, Danramil 04/Nipahpanjang Kapten Adil Tarigan mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan seluruh babinsa di wilayah teritorialnya ini merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan untuk mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayah sesuai program pemerintah, palagi disaat sekarang bangsa kita dilanda pandemi virus corona.

“Pendampingan ini dilakukan tidak hanya pada saat panen saja, tetapi mulai dari pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, masa tanam, masa perawatan hingga masa panen tiba. Para babinsa diharapkan mampu untuk mengajak dan memotivasi petani untuk lebih bersemangat dalam mengelola lahan pertanian sehingga produktivitas pertanian semakin meningkat,” pungkasnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Lakukan Pengecekan Kondisi Padi Menjelang Masa Panen.

Berita Koramil

Babinsa Serka Maulana Ali Hadiri Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Bantu Petani Bersihkan Gulma Yang Mengganggu Padi Petani.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Membantu Paoktan Menjemur Padi Hasil Panen.

Berita Koramil

Sertu Zainal Selaku Babinsa Ramil 03/TI Himbau Warga Agar Waspada Terhadap Bahaya Bencana Alam.

Berita Koramil

Babinsa Serindit Serda Edi Sutrisno Laksanakan Komsos Bersama Warga Binaan.

Berita Koramil

Serka H.Sitorus Pendampingan Penyaluran BLT-DD Tahap 2.

Berita Koramil

Babinsa 03/Tungkal Ilir Jalin Komunikasi Sosial Dengan Sejumlah Warga.