Babinsa Turut Hadir dalam Konvergensi Lintas Sektoral dan Lintas Program dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting Babinsa Koramil 419-07/Merlung Laksanakan Penyelidikan Keberadaan Gajah Liar di Wilayah Kecamatan Renah Mendaluh Pabungdim 0419/Tanjab Turut Hadir dalam Meriahkan Hari Bakti Adhyaksa Ke-64 Kegiatan Jam Komandan Danramil 419-02/T.Ulu Diisi dengan Pengecekan HP Anggota Guna Mencegah Judi Online Danramil 419-03/Tungkal Ilir Laksanakan Pengecekan HP Prajurit

Home / BERITA / Kegiatan Dandim / KEGIATAN KODIM 0419

Kamis, 21 Maret 2019 - 08:00 WIB

Kasdim Tanjab Dampingi Kunker Gubernur Jambi Dalam Rangka Panen Penangkar Padi Inbrisida.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf M. Arry Yudistira, S.I.P., M.I.Pol yang diwakili Kasdim Mayor Chb Indra Wijaya menghadiri Kunjungan Kerja Gubernur Propinsi Jambi Dr. Drs. H. Fahrori Umar, M. Hum dalam kegiatan panen Penangkar Padi Inbrisida di Desa Simpang Datuk, Kecamatan Nipah Panjang. Rabu (20/3/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan, untuk mewujudkan kemandirian benih di bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung berbasis korporasi.

Kegiatan yang mengangkat tema Kita Wujudkan Swasembada Benih di Provinsi Jambi Menuju “Jambi Tuntas 2021” tersebut dihadiri Bupati Tanjabtim, Wakil Bupati Tanjabtim, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanjabtim, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jambi, Kepala Bulog Provinsi Jambi, unsur Formkompinda Tanjabtim, sejumlah OPD Tanjabtim dan para tamu undangan yang lainnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jambi, Ahmad Maushul mengatakan, khusus Kabupaten Tanjabtim luas kegiatan penangkaran benih pola korporasi ini adalah 220 Ha, dan terluas di Desa Simpang Datuk ini, yakni 150 Ha yang dikelola oleh 6 kelompok tani, dengan varietas inpara 8. Dengan penangkaran benih seluas 220 Ha, dan produksi benih 3,0 ton per Ha, maka di prediksi akan tersedia benih Ik 660 ton atau setara untuk pertanaman 26000 Ha.

BACA JUGA  Kasdim Tanjab Cek Personel Pengamanan Pemilu 2019 BKO Polres Tanjab Timur.

Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada bapak Gubernur Jambi, yang telah mendukung kegiatan ini, sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar.

“Kegiatan ini tidak akan terlaksana jika tidak ada bantuan dari Bapak Gubernur Jambi dan Pemerintah Pusat. Mohon bimbingan dari Bapak Gubernur, agar kendala-kendala yang ada di masyarakat kami dapat teratasi,” Pinta Bupati.

Bupati berharap kepada para petani agar melaporkan setiap kendala yang ada di lapangan melalui petugas PPL dan Babinsa yang ditujukan ke Dinas Pertanian Kabupaten guna pneyelesaikan masalah masalah yang ada.

“Saya selaku Bupati akan selalu mendukung kegiatan tanam Padi ini supaya Kabupaten Tanjab Timur bisa menjadi lumbung padinya Propinsi Jambi.” Ujar Bupati.

Gubernur Jambi, Dr. Drs. H. Fahrori Umar, M. Hum mengungkapkan, pada tahun 2019 ini, sasaran luas tanam padi sebesar 178.234 Ha dengan sasaran produksi bekisaran 845 ribu ton. Hal ini menunjukan bahwa Provinsi Jambi optimis masih bisa meningkatkan produksi nyata.

“Tentunya dengan peningkatan produksi padi yang ada ini semua tidak terlepas dari peran serta kita semua, khusunya Petani di Desa Simpang Datuk.” Sebut Gubernur.

BACA JUGA  Babinsa Labuhan Pering Dampingi Warga Binaan Pantau Pertumbuhan Tanaman Jagung.

Dengan segala daya upaya kita akan terus meninggkatkan luas tanaman, sehingga Propinsi kita bisa menjadi lumbung Padi, dan ini juga merupakan bagian dari Pemerintah Propinsi Jambi untuk mewujudkan Jambi Emas.” Sambungnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis dari dana APBN oleh Gubernur Jambi, tumpang sari padi – jagung 5000 Ha, tumpang sari padi – kedele 2500 Ha, bantuan benih padi sawah 10000 Ha, banguan benih padi ladang 7500 Ha, bantuan herbisida 7500 Ha dan fasilitas unit pengelolaan pupuk organik 5 unit. Bantuan sarana pasca panen, yakni power threser sebanyak 90 unit, power threser multi guna 20 unit, com sheller 30 unit, RMU 1 unit dan UPH kedelai 1 unit.

Kemudian bantuan dari Pemkab Tanjabtim, yakni tumpang sari padi – jagung sebesar 50 Ha, tumpang sari padi – kedele 250 Ha, tumpang sari kedele- jagung 500 Ha dan bantuan herbisida 800 Ha. Selanjutnya, bantuan sarana pasca panen, seperti power threser sebanyak 10 unit, power threser multi guna 3 unit, com shelled 5 unit dan UPH kedele 1 unit. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Bantu Poktan Menanam Bibit Padi.

BERITA

Pengerjaan Bak Sampah di Intan Jaya Program TMMD ke -113 Masuk Tahap Finishing

BERITA

Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu Kampanye Penerimaan Prajurit TNI AD TA. 2021

BERITA

Dalam Menghadapi Wabah Pendemi Covid-19 untuk Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan Ucap Serda Bujang sebagai Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang

BERITA

Babinsa Laksanakan Patroli dan Sosialisasi patroli.

Artikel

Dandim 0419/Tanjab diwakili Pabung Menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila ke-79 di Tanjab Timur

BERITA

Babinsa Dampingi Peninjauan Tanaman Jagung di Desa Binaan

BERITA

Babinsa ajak masyarakat patroli karhutla.