Danramil Hadiri Pertemuan Pelaksanaan Perencanaan PIN Polio di Kecamatan Merlung Danramil Bentuk Siswa dan Siswi yang Berkarakter di SMAN 2 Tanjung Jabung Timur Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Sosialisasikan Secaba PK Keahlian Pria Khusus Pertanian di SMKN 3 Tanjab Timur Bati Puanter Kodim 0419/Tanjab Tekankan Disiplin pada Siswa Siswi SMKN 1 Tanjab Barat Danramil 419-02/Tungkal Ulu Hadiri Penyerahan Bantuan Gizi untuk Ibu Hamil dan Anak di Tungkal Ulu

Home / BERITA / KEGIATAN KODIM 0419

Senin, 10 Agustus 2020 - 21:50 WIB

KodimTanjab Akan Rekrut Komcad Matra Darat, Siapa Saja Bisa Ikut!

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Mewakili Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, Kasdim Mayor Chb Indra Wijaya, pimpin pelaksanaan Sosialisasi tentang rencana pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat di wilayah Kodim 0419/Tanjab TA 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Markas Kodim 0419/Tanjab, Kuala Tungkal, Senin (10/8/2020) pagi.

Turut hadir Pasi Ter Kodim 0419/Tanjab Kapten Inf Safri Napitupulu, Danramil Tungkal Ilir, Kapten Inf Suseno, Ketua Komisi I DPRD Tanjab Barat, Asisten 1 Sekda Kab. Tanjab Barat, para Kadis terkait Pemkab Tanjab Barat, Rektor STAI An-Nadwah Kuala Tungkal, Ketua Menwa STAI An-Nadwah Kuala Tungkal, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat Tanjab Barat, Manager Perusahaan, Ketua PWI Tanjab Barat l, lebih para Camat Pemkab Tanjab Barat,Ketua HMI, Ketua NU, Ketua PP, Ketua FKPPI, Ketua BEM Tanjab Barat serta Unsur KBT, FKUB, dan para Ketua Paguyuban.

Mewakili Dandim, Mayor Chb Indra menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program baru Angkatan Darat dalam rangka menyikapi perkembangan kondisi dan situasi global untuk menghadapi kemungkinan berbagai ancaman kedepan.

Maka dari itu Negara memerlukan dan memprogramkan Komponen cadangan melalui TNI Angkatan Darat untuk merekrut, menyeleksi dan melaksanakan sosialisasi rekrutmen Komponen cadangan. Dengan alokasi untuk Korem 042/Gapu sebanyak 400 orang.

BACA JUGA  Sinergi bersama petani, Babinsa bantu petani menanam bibit jagung

Dari 400 personil ini tentunya yang sesuai persyaratan, semuanya akan melalui proses seleksi dan pendidikan kemiliteran selama 3 minggu. Seleksi komcad ini hampir sama dengan seleksi masuk anggota TNI, namun tentunya bobotnya berbeda, tidak mesti seperti seleksi TNI tapi tidak juga asal asalan.

Seleksi Komcad ini akan dilaksanakan pada bulan September awal dan hasil seleksinya akan di umumkan pada tanggal 14 September. Tanggal 18 nya akan langsung dilaksanakan pembukaan pendidikan sampai dengan penutupan pendidikan tanggal 12 Oktober 2020.

Setelah melaksanakan pendidikan mereka akan kembali ke status dan pekerjaannya masing-masing namun sewaktu waktu harus siap apabila kodim, koramil atau yg lainnya membutuhkan ataupun mengumpulkan baik itu tugas operasi maupun latihan.

Mari kita kampanyekan bersama kegiatan ini selain para Babinsa di Desa desa, saya berharap bapak – ibu yang hadir disini ikut berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar sampai dengan bulan Agustus akhir.

Sementara itu, Pasi Ter Kodim Kapten Inf Safri menjelaskan bahwa Komponen Cadangan ini bukanlah berarti wajib militer, diharapkan masyarakat jangan sampai salah menafsirkan.

BACA JUGA  Babinsa Komsos Dengan Masyarakat Desa Binaan

“Tidak ada kelas pangkat atau golongan bagi komponen cadangan, semuanya sama, karena nanti seluruh unsur-unsur Komandan di dalam Komcad itu semuanya Komando Utama yaitu TNI aktif. Dimulai dari Danresimen yang membawahi 3 Batalyon Komcad, kebawahnya ada Danyon dan Danki,” imbuh Safri.

Untuk resimen berkedudukan di Kodam, sedangkan Batalyon itu di Korem dan Kompi berada di Kodim-kodim bahkan sampai tingkat peleton yaitu di Koramil.

“Kebetulan Korem kita ada 5 alokasi Kodim yang akan ditempatkan Komcad termasuk salah satunya adalah Kodim kita, Kodim 0419/Tanjab,” sebutnya.

Pembukaan akan dilakukan mulai dari bulan Agustus sampai tanggal 14 September dan tanggal 16 September akan dilakukan seleksi dan selanjutnya akan digodok selama 3 minggu serta pada tanggal 14 Desember akan dilantik menjadi sebagai komponen cadangan.

“Dan untuk usia dari usia 18 – 35 tahun dan selama pengabdian akan mendapatkan tunjangan gaji dan tunjangan kesehatan yang sudah ditanggung oleh negara,” tandasnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Cek Penerapan Prokes Sekolah, Babinsa Bersama Tim Gugus Tugas Covid Sambangi SMP Negeri 7 Kualajambi

BERITA

Guna cegah karhutla, babinsa ajak warga patroli karhutla.

Artikel

Pabungdim 0419/Tanjab yang Diwakilkan Berikan Materi Baris Berbaris dan Wawasan Kebangsaan di Ponpes JARI NABI

Artikel

Babinsa Koramil 419-06/Rantau Rasau Jalin Silaturahmi Bersama Warga Binaan

BERITA

Ciptakan Keakraban, Babinsa Komsos Dengan Warga Binaan.

BERITA

Ratusan TNI dan Persit Kodim Tanjab Senam Bersama.

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Gelar Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme Dan Sparatisme

BERITA

Wujud nyata upaya khusus, Babinsa bantu petani panen padi