Peduli Lingkungan, Forkopimda Tanjab Barat Tanam Mangrove.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan, jajaran Forkopimda Kabupaten Tanjab Barat menanam 1000 pohon mangrove di lahan gambut dan Pesisir di Desa Tungkal 1 Kec. Tungkal Ilir Kab. Tanjab Barat, Jumat (19/3/2021).

Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto usai kegiatan menyampaikan, bahwa penanaman 1000 pohon mangrove sangat penting untuk kawasan pesisir. Abrasi dan erosi yang terjadi di wilayah Kecamatan Tungkal Ilir mengakibatkan daratan semakin lama semakin hilang. Dengan penananaman mangrove ini diharapkan dapat mengurangi erosi dan abrasi di wilayah pesisir.

“Karena fungsi mangrove ini sangat luar biasa, selain untuk menahan erosi dan abrasi, ada banyak manfaat lain yang didapat dari mangrove ini. Mulai dari daun hingga akarnya sangat bermanfaat, bisa digunakan apa saja oleh masyarakat,” kata Dandim.

BACA JUGA  Upaya cegah covid-19, Babinsa dan dinas terkait cek penumpang kapal satria pratama di pelabuhan roro

Apresiasi disampaikan Bupati Tanjab Barat Drs. K.H. Anwar Sadat, M.Ag atas terselenggaranya kegiatan tanam 1000 pohon mangrove. Disampaikan, bahwa pelaksanaan penghijauan yang kita lakukan saat ini adalah hal yang kecil tetapi nilai positif terhadap bumi secara global yang menyumbang oksigen dan mendapatkan peningkatan panas bumi.

Selain dari pada itu, melestarikan mangrove akan berfungsi sebagai tempat pemijahan atau perkembangbiakan flora dan fauna mencegah terjadinya erosi menyerap karbon dan mengurangi abrasi air laut .

Untuk itu kami mengajak seluruh aparat pemerintah TNI-Polri, Forkopimda, masyarakat yang ada di Tanjab Barat untuk lebih mencintai lingkungan, peduli lingkungan dan tidak merusak lingkungan.

BACA JUGA  Pasi Intel Dim 0419/Tanjab Hadiri Apel Pembersihan Alat Peraga Sosialisasi Cabup dan Cawabup

“Mari kita menjadikan Kabupaten Tanjab Barat yang lestari dan berkah serta apa yang kita lakukan bermanfaat bagi kita semua dan lebih menjaga kualitas dari ciptaan yang telah diciptakan oleh Allah SWT, pinta Bupati.

Hadir pada kegiatan tersebut selain Bupati Tanjab Barat dan Dandim 0419/ Tanjab, juga nampak Kapolres Tanjab Barat, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Tungkal, Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal, Wakil Bupati Tanjabbar, Sekda Tanjab Barat, Para Kabag Polres Tanjab Barat, Para Staf Ahli Bupati Tanjab Barat, Para Asisten Bupati Tanjab Barat, Kepala OPD Setda Tanjab Barat serta Anggota Koramil 419-03/TI, Anggota Polres Tanjab Barat dan Masyarakat setempat. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Cegah COVID-19, Jama’ah Shalat IED diperiksa Ketat di Masjid Agung Al-Istiqomah Kuala Tungkal.

Berita Koramil

Babinsa Sertu Iwan Nadi Bantu Petani Siapkan Lahan Guna Penanaman Jagung.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Bersama Kapolsek Nipah Panjang Melakukan Pemasangan Banner “TNI-Polri Menjamin Keamanan Pileg dan Pilpres 2019”.

BERITA

Dandim 0419/Tanjab, Tanamkan Nilai Pancasila Sejak Dini Pada Anak-anak Desa Labuhan Pering.

Berita Koramil

Serda Sutrianto Selaku Babinsa Bersama Petani Lakukan Monev Pertumbuhan Jagung.

BERITA

Babinsa dampingi petani menanam padi

Berita Koramil

Sertu Ajran Lubis Selaku Babinsa Membantu Petani Membersihkan Lahan Jagung.

Berita Koramil

Serda M. Erwin Selaku Babinsa Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Pantau Bongkar Muat Kapal KMP Sembilang.