Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Senin, 10 Juni 2019 - 06:20 WIB

Selaku Bintara Pembina Desa, Serda Sutrianto Lakukan Pengecekan Pertumbuhan Jagung.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Serda Sutrianto melaksanakan kegiatan pemantauan perkembangan tanaman jagung sebagai wujud pelaksanaan Upaya Khusus (Upsus) Pajale dalam rangka peningkatan mutu swasembada pangan, khususnya komoditi tanaman jagung.

Kegiatan yang dilakukan Babinsa ini direspon positif oleh warga, khususnya petani jagung dalam rangka tugas pendampingan pertanian sebagai upaya untuk mengawal kesuksesan program ketahanan pangan yang dicanangkan Pemerintah.

Dalam kesempatan ini, Serda Sutrianto yang merupakan Babinsa Desa Harapan Makmur di Kecamatan Rantau Rasau melaksanakan pemantauan dan pengecekan tanaman jagung seluas 3 hektare milik bapak Yanto anggota Kelompok Tani Lestari Kec. Rantau Rasau Kab. Tanjab Timur, Senin (10/6/19).

BACA JUGA  Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu Kawal PPKM Mikro di Wilayah Binaan.

Kegiatan pemantauan ini bertujuan untuk mengecek tanaman jagung milik petani untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung.

“Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan oleh Babinsa diwilayahnya masing masing. Sebab, cara ini merupakan suatu langkah efektif untuk bisa mengetahui setiap perkembangan tanaman khususnya jagung diwilayah Rantau Rasau ini.” Ujar Serda Sutrianto.

BACA JUGA  Babinsa Pematang Buluh Pantau Wilayah Binaan Dengan Metode Komsos.

Dalam pemantauan tersebut, Babinsa Serda Sutrianto turun langsung bersama petani membantu merawat tanaman dengan ikut membersihkan gulma yang tumbuh dan mengganggu tanaman jagung.

“Penyiangan dan pembersihan gulma ini merupakan tindakan sederhana yang dapat dilakukan oleh petani guna membantu pertumhan dan perkembangan tanaman jagung,” kata Serda Sutrianto.

Sementara itu, bapak Yanto tampak bersemangat dan antusias membersihkan lahan jagung miliknya karena adanya Babinsa yang ikut membantu dan memotivasinya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Khawatir akan OTG Babinsa Rutin Melaksanakan Himbauan

Berita Koramil

Serka Hendika Hadiri Sosialisasi Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu Perkuat Silaturahmi Dengan Komsos Bersama Warga Binaan.

Berita Koramil

Babinsa Sertu Iwan Nadi Cek Langsung Tanaman Jagung.

Berita Koramil

Wakili Danramil 04 Serda Bujang Hadiri Rapat pleno terbuka di Kec. Sadu

Berita Koramil

Serda Aminullah Sebagai Babinsa Bantu Petani Menanam Padi.

Berita Koramil

Pasiter Kodim Tanjab Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kab. Tanjab Barat.

Berita Koramil

Serda Bambang Kuswoyo dan Petani Cek Bibit Padi Yang Akan Ditanam.