Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Senin, 8 April 2019 - 08:25 WIB

Babinsa Serda Gopal : Pembersihan Gulma Merupakan Bagian Dari Perawatan Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Dalam rangka menyukseskan swasembada pangan nasional yang diprogramkan oleh pemerintah, Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Gopal membantu petani membersihkan gulma di lahan sawah milik ibu Rusla seluas 1 hektar di Desa Gemuruh Kecamatan Tungkal Ulu Kab. Tanjab Barat, Senin (8/4/2019).

Disela sela kegiatan, Serda Gopal menuturkan bahwa pembersihan gulma atau rumput liar pada tanaman padi merupakan bagian dari perawatan tanaman padi.

“Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman padi terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan, pengaruhnya sangat besar sekali terhadap penurunan hasil panen,” kata Sersa Gopal.

BACA JUGA  Peran Aktif Babinsa Tungkal Ilir Dalam Rangka Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha 1441 H.

Lebih lanjut Serda Gopal mengatakan, pembersihan gulma dapat dilakukan melalui penyiangan secara berkala, baik secara manual maupun semi mekanik. Bisa juga dengan penyemprotan menggunakan herbisida tertentu yang sudah direkomendasikan oleh PPL.

“Disinilah pentingnya pemantauan dan perawatan tanaman padi untuk mengetahui lebih awal apabila ada gulma ataupun tanaman yang sakit sehingga bisa segera diatasi,” Ungkap Serda Gopal.

BACA JUGA  GARUDA PUTIH PEDULI SESAMO yang di Salurkan oleh Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu kepada Warga Desa Binaan yang Terdampak Akibat Pandemi Covid-19

Danramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnaen, SH mengatakan , pembersihan gulma ini bertujuan agar tanaman padi bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan tanaman padi tersebut.

“Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman padi. Diantaranya pemupukan, penyemprotan hama ataupun pembersihan gulma,” ungkapnya.

“TNI khususnya Babinsa akan terus mendampingi petani setiap saat untuk mewujudkan swasembada pangan nasional yang berkualitas,” kata Kapten Inf Zulkarnaen, SH. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Ramil 419-04/Nipah Panjang Hadiri Acara Ratib Saman.

BERITA

Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 03 Tungkal Ilir terus lakukan patroli karhutla.

Berita Koramil

Dandim 0419/Tanjab Imbau Warga Jangan Buka Lahan Dengan Cara Membakar.

Berita Koramil

Panas Terik Matahari Tak Lunturkan Semangat Serma Juhendri dalam Dampingi Petani Bajak Lahan Sawah

Berita Koramil

Petani Sangat Terbantu Dengan Adanya Pendampingan Dari Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak.

BERITA

Jalin kebersamaan, babinsa komsos dengan warga binaan.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-04/NP Bantu Warga Musnahkan Sarang Ulat Bulu.

Berita Koramil

Danramil Muara Sabak Hadiri Acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW Dilingkup Pemkab Tanjab Timur.